“Manajemen Pembelajaran Lembaga Bimbingan Belajar Timur Tengah dalam Mempersiapkan Siswa Madrasah Aliyah Unggulan Nuris Jember untuk Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Luar Negeri

Agustin, Muzayyanah (2025) “Manajemen Pembelajaran Lembaga Bimbingan Belajar Timur Tengah dalam Mempersiapkan Siswa Madrasah Aliyah Unggulan Nuris Jember untuk Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Luar Negeri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember..

[img] Text
MUZAYYANAH AGUSTIN_211101030005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Muzayyanah Agustin, 2025: Manajemen Pembelajaran Lembaga Bimbingan
Belajar Timur Tengah dalam Mempersiapkan Siswa Madrasah Aliyah Unggulan
Nuris Jember untuk Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Luar Negeri.
Kata kunci : Manajemen Pembelajaran, LBB Timteng, Kesiapan Siswa
Pendidikan adalah hak setiap individu dan merupakan pilar utama dalam
mencetak generasi yang kompeten. Lembaga Bimbingan Belajar Timur Tengah
(LBB Timteng) di MA Unggulan Nuris Jember berperan dalam mempersiapkan
siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi di Timur Tengah, yang
memerlukan kesiapan akademik dan adaptasi budaya. Namun, banyak siswa yang
gagal karena kurangnya persiapan yang matang. Oleh karena itu, manajemen
pembelajaran yang efektif, yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan
evaluasi, sangat penting untuk meningkatkan kesiapan siswa.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana Perencanaan
Pembelajaran Lembaga Bimbingan Belajar Timur Tengah dalam Mempersiapkan
Siswa Madrasah Aliyah Unggulan Nuris Jember untuk Melanjutkan Studi ke
Perguruan Tinggi Luar Negeri? 2) Pelaksanaan Bagaimana Perencanaan
Pembelajaran Lembaga Bimbingan Belajar Timur Tengah dalam Mempersiapkan
Siswa Madrasah Aliyah Unggulan Nuris Jember untuk Melanjutkan Studi ke
Perguruan Tinggi Luar Negeri? 3) Evaluasi Bagaimana Perencanaan Pembelajaran
Lembaga Bimbingan Belajar Timur Tengah dalam Mempersiapkan Siswa
Madrasah Aliyah Unggulan Nuris Jember untuk Melanjutkan Studi ke Perguruan
Tinggi Luar Negeri?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsiskan: 1) perencanaan
Pembelajaran LBB Timteng untuk meningkatkan kesiapan siswa MA Unggulan
Nuris Jember dalam memasuki perguruan tinggi Timur Tengah. 2) Pelaksanaan
pembelajaran LBB Timteng dalam meningkatkan kesiapan siswa MA Unggulan
Nuris Jember untuk memasuki perguruan tinggi Timur Tengah. 3) Evaluasi
pembelajaran LBB Timteng dalam meningkatkan kesiapan siswa MA Unggulan
Nuris Jember untuk memasuki perguruan tinggi Timur Tengah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan
melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji
keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi
teknik.
Hasil penelitian manajemen pembelajaran LBB Timteng di MA Unggulan
Nuris Jember berjalan dengan baik melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi
yang tepat. 1) Perencanaan melibatkan tenaga pendidik dalam merumuskan tujuan,
menyusun kurikulum, dan mempersiapkan materi. 2) Pelaksanaan Pembelajaran
dilakukan di luar jam reguler dengan pengajar berpengalaman dan pengajar dari
Timur Tengah. 3) Evaluasi mengukur hasil belajar dan memberi umpan balik.
Manajemen pembelajaran efektif mempersiapkan siswa ke perguruan tinggi Timur
Tengah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Manajemen Pembelajaran, LBB Timteng, Kesiapan Siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muzayyanah Agustin
Date Deposited: 17 Jun 2025 06:56
Last Modified: 17 Jun 2025 06:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42800

Actions (login required)

View Item View Item