PROFIL TPACK PADA MAHASISWA TADRIS IPA UIN KHAS JEMBER YANG MENGIKUTI PROGRAM ASISTENSI MENGAJAR (ASJAR) DAN PENGENALAN LAPANGAN PENDIDIKAN (PLP)

maisaro, risku (2025) PROFIL TPACK PADA MAHASISWA TADRIS IPA UIN KHAS JEMBER YANG MENGIKUTI PROGRAM ASISTENSI MENGAJAR (ASJAR) DAN PENGENALAN LAPANGAN PENDIDIKAN (PLP). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI RISKU MAISARO.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Profil TPACK merupakan gambaran tentang kemampuan mahasiswa dalam mengintegrasikan teknologi, pedagogi, dan konten materi pembelajaran secara holistik dalam proses pembelajaran yang efektif dan relevan dengan perkembangan zaman.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana profil Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) mahasiswa calon guru IPA yang mengikuti program asisten mengajar di tadris IPA UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember? 2) Bagaimana profil Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) mahasiswa calon guru IPA yang mengikuti program perkenalan lapangan persekolahan (PLP) di tadris IPA UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember?
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui profil TPACK mahasiswa calon guru IPA yang mengikuti program asisten mengajar di tadris IPA UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. 2) Untuk mengetahui profil TPACK mahasiswa calon guru IPA yang mengikuti program pengenalan lapangan persekolahan (PLP) di tadris IPA UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
Jenis penelitian yang digunakan adalah penilitian kualitatif study kasus. Teknik penelitian dalam pengumpulan data yaitu wawancar, angket, dan dokumentasi. Analisis data reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode, member checking, sejawat ahli.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) profil TPACK mahasiswa asjar tergolong cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan mahasiswa asjar menyusun pembelajaran dengan konsep penting (ide besar) yang relevan, menggunakan pendekatan pedagogis yang sesuai, dan mulai mengintegrasikan teknologi dalam kegiatan pembelajaran meskipun belum maksimal. 2) Mahasiswa PLP menunjukkan profil TPACK yang tergolong kurang baik. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan dalam menyusun ide besar materi pembelajaran, strategi pedagogis, serta pemanfaatan teknologi yang masih terbatas dalam konteks pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: MRS Risku Maisaro
Date Deposited: 18 Jun 2025 01:37
Last Modified: 18 Jun 2025 01:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42890

Actions (login required)

View Item View Item