IMPLEMENTASI PROGRAM TAHSIN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN MAHASANTRI PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PONDOK PESANTREN MAHASISWI DARUL ARIFIN 2 JEMBER TAHUN 2024/2025

Agustina, Eurika Happy Tri (2025) IMPLEMENTASI PROGRAM TAHSIN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN MAHASANTRI PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PONDOK PESANTREN MAHASISWI DARUL ARIFIN 2 JEMBER TAHUN 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Eurika Happy Tri Agustina_212101010104.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang Penelitian ini berdasarkan hasil observasi peneliti di Pondok Pesantren Mahasiswi Darul Arifin 2 Jember yang menemukan implementasi program Tahsin yang diikuti oleh para mahasantri prodi Pendidikan Agama Islam di pondok tersebut.
Fokus penelitian membahas 2 hal diantaranya: 1) Bagaimana implementasi program Tahsin dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an mahasantri prodi Pendidikan agama islam di Pondok Pesantren Mahasiswi Darul Arifin 2 Jember tahun 2024/2025? 2) Bagaimana implementasi program Tahsin dalam mencapai target hafalan pada mahasantri prodi Pendidikan Agama Islam di Pondok Pesantren Mahasiswi Darul Arifin 2 Jember tahun 2024/2025?
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis field research. Lokasi penelitian di Pondok Pesantren Mahasiswi DarulArifin 2 Jember. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini adalah 1) Implemetasi program Tahsin dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an mahasantri prodi Pendidikan agama islam di Pondok Pesantren Mahasiswi Darul Arifin 2 Jember tahun 2024/2025 diantaranya: program Tahsin yang dilaksanakan selama 4 hari sudah terlaksana dengan baik meskipun belum sepenuhnya berjalan dengan sempurna dan telah membawa perubahan terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an mahasantri prodi Pendidikan agama islam. 2) Implementasi program Tahsin dalam mencapai target hafalan mahasantri prodi pendidikan agama islam di Pondok Pesantren Mahasiswi Darul Arifin 2 Jember Tahun 2024/2025 sebagai berikut: kegiatan setoran pada program Tahsin telah berjalan semestinya, meskipun terdapat beberapa kendala yang dialami oleh mahasantri dalam menyetorkan hafalan pada hari kamisnya.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) implementasi program Tahsin dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal al-qur’an mahasantri prodi Pendidikan agama islam di pondok pesantren mahasiswi darul Arifin 2 jember tahun 2024/2025 yakni dilaksanakan selama hari senin sampai kamis telah diimplementasikan secara sistematis dan telah membawa perubahan terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an mahasantri prodi Pendidikan Agama Islam menjadi lebih baik dari sebelumnya, meskipun belum sepenuhnya berjalan dengan sempurna, dikarenakan masih terdapat beberapa mahasantri yang belum mampu membaca Al-Qur’an sesuai kaidah hukum tajwid karena beberapa faktor. 2) Implementasi program Tahsin dalam mencapai target hafalan mahasantri prodi Pendidikan Agama Islam di Pondok Pesantren Mahasiswi Darul Arifin 2 Jember tahun 2024/2025 telah berjalan dengan semestinya, meskipun terdapat kendala bagi mahasantri sendiri.
Kata Kunci: Program Tahsin, Kemampuan Membaca dan Menghafal Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Eurika Happy Tri Agustina
Date Deposited: 18 Jun 2025 02:43
Last Modified: 18 Jun 2025 02:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42910

Actions (login required)

View Item View Item