Ullynuha, Paundri Nizar (2025) PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING PADA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) KELAS X DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER SISWA MAN 3 BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Skripsi - Paundri Nizar U. (212101010002).pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Paundri Nizar Ullynuha, 2025: Penerapan Model Role Playing Pada Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas X Dalam Menumbuhkan Karakter Siswa MAN 3 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2024/2025.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Role Playing, Sejarah Kebudayaan Islam dan Karakter Siswa.
Keaktifan siswa dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam berlangsung di MAN 3 Banyuwangi mengalami peningkatan ketika menggunakan model role playing. Model pembelajaran role playing merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif karena dalam penerapannya siswa akan terlibat terus dari awal hingga akhir pembelajaran. Kegiatan bermain peran mampu membuat siswa lebih antusias lagi sehingga karakter baik dapat tumbuh sebagaimana mestinya.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana penerapan model role playing pada pelajaran sejarah kebudayaan Islam (SKI) kelas x dalam menumbuhkan karakter siswa MAN 3 Banyuwangi? 2) Bagaimana dampak model role playing pada pelajaran sejarah kebudayaan Islam (SKI) kelas x dalam menumbuhkan karakter siswa MAN 3 Banyuwangi? 3) Faktor apa yang mendukung dan menghambat model role playing pada pelajaran sejarah kebudayaan Islam (SKI) kelas x dalam menumbuhkan karakter siswa MAN 3 Banyuwangi?
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui penerapan model role playing pada pelajaran Sejarah kebudayaan Islam (SKI) kelas x dalam menumbuhkan karakter siswa MAN 3 Banyuwangi. 2) Untuk mengetahui dampak model role playing pada pelajaran sejarah kebudayaan Islam (SKI) kelas x dalam menumbuhkan karakter siswa MAN 3 Banyuwangi. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat model role playing pada pelajaran sejarah kebudayaan Islam (SKI) kelas x dalam menumbuhkan karakter siswa MAN 3 Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yang terdapat empat tahapan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dan kesimpulan pada penelitian ini adalah : 1) Penerapan model role playing pada pelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas x mampu berjalan dengan maksimal yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang sesuai dengan karakteristik dari model role playing yakni interaktif, kolaboratif dan kreatifitas. 2) Dampak model role playing pada pelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas x dapat menumbuhkan karakter religius, kerja sama, tanggung jawab dan kreatif pada siswa. 3) Faktor pendukung dari model role playing pada pelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas x ialah guru yang profesional, siswa yang aktif, bahan ajar yang sesuai dan sarana serta prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya ialah terdapat beberapa siswa yang kurang antusias dan mengalami kesulitan ketika menjadi pengamat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Paundri Nizar Ullynuha |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 06:19 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 06:19 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/42988 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |