ni'am, khoirun (2025) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM BERBASIS PESANTREN DI SEKOLAH DASAR SWASTA ISLAM ULUL ALBAB KALIWATES JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
![]() |
Text
Khoirun Ni'am Manajemen Pendidikan Islam.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Kurikulum berbasis pesantren berarti memasukkan kurikulum pesantren ke
dalam kurikulum yang ada di sekolah. Sehingga perbedaan yang terlihat antara
madrasah pada umumnya dengan madrasah kurikulum berbasis pesantren adalah
jika kurikulum PAI di madrasah hanya mencakup mata pelajaran Al-Qur'an Hadits,
Aqidah Akhlak, Fiqih, dan Sejarah kebudayaan Islam, maka sekolah yang
menerapkan kurikulum berbasis pesantren memiliki cakupan mata pelajaran yang
lebih luas, karena ditambah pelajaran kepesantrenan.
Fokus dalam penelitian ini ialah yang pertama bagaimana peran kepala
sekolah dalam pengembangan kurikulum berbasis pesantren di SDS Islam Ulum
Albab Kaliwates Jember, kedua bagaimana strategi kepala sekolah dalam
pengembangan kurikulum berbasis pesantren di SDS Islam Ulul Albab Kaliwates
Jember, ketiga bagaimana dampak dari pengembangan kurikulum berbasis
pesantren di SDS Islam Ulum Albab Kaliwates Jember.
Tujuan penelitian dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui peran kepala
sekolah dalam pengembangan kurikulum berbasis pesantren di SDS Islam Ulum
Albab Kaliwates Jember, kedua untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam
pengembangan kurikulum berbasis pesantren di SDS Islam Ulul Albab Kaliwates
Jember, ketiga untuk mengetahui dampak dari pengembangan kurikulum berbasis
pesantren di SDS Islam Ulum Albab Kaliwates Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualtatif dengan jenis penelitian
studi kasus. Pada penelitian kualitatif ini peneliti ingin mendeskripsikan hasil
temuan yang didapat dalam penelitian. Teknik pengumpulan data pada penelitian
ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Mengenai analisis data
menggunakan teori dari Miles Huberman dan Saldana yaitu pengumpulan data,
kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan
data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi Teknik.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa, 1) peran kepala sekolah dalam
pengembangan kurikulum berbasis pesantren di SDS Islam Ulul Albab Kaliwates
Jember, yaitu sebagai educator, manajer, administrator, supervisor, innovator,
motivator. 2) strategi kepala sekolah dalam pengembangan kurikulum berbasis
pesantren di SDS Islam Ulul Albab Kaliwates Jember, yaitu program kurikulum
intrakurikuler, program kurikulum kokuriuler, program kurikulum ekstrakurikuler.
3) dampak dari pengembangan kurikulum berbasis pesantren di SDS Islam Ulul
Albab Kaliwates Jember, yaitu 1) prestasi siswa, 2) minat mayarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Khoirun Ni'am |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 08:28 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 08:28 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43057 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |