UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGGUNAKAN MEDIA KERTAS ORIGAMI PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK TUNAS BANGSA I KECAMATAN SILO KABUPATEN JEMBER

Fitriyani, Fitriyani (2025) UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGGUNAKAN MEDIA KERTAS ORIGAMI PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK TUNAS BANGSA I KECAMATAN SILO KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FITRIYANI_211101050001_digilib.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Fitriyani, 2025: Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Menggunakan Media Kertas Origami Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Tunas Bangsa I Kecamatan Silo Kabupaten Jember.

Kata Kunci : Kemampuan Kognitif, Media Kertas Origami, Anak Usia 4-5 Tahun, TK Tunas Bangsa I

Pengembangan kognitif bentuk geometri melalui media kertas origami merupakan kemampuan anak untuk memahami dan mengenal bentuk geometri. Karena anak masih belom maksimal, maka perkembangan kognitif di TK Tunas Bangsa I diperlukan adanya pemberian stimulasi dari media kertas origami.
Fokus penelitian ini adalah: 1.Bagaimana upaya mengembangkan aspek geometri menggunakan media kertas origami pada anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Bangsa I Kecamatan Silo Kabupaten Jember? 2.Bagaimana upaya mengembangkan aspek visual bentuk geometri menggunakan kertas origami pada anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Bangsa I Kecamatan Silo Kabupaten Jember?
Tujuan Penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan upaya mengembangakan aspek geometri menggunakan media kertas origami pada anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Bangsa I Kecamatan Silo Kabupaten Jember, 2. Mendeskripsikan upaya mengembangkan aspek visual bentuk geometri menggunakan media kertas origami pada anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Bangsa I Kecamatan Silo Kabupaten Jember.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan lokasi penelitian ini di TK Tunas Bangsa I Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Menggunakan Media Kertas Origami Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Tunas Bangsa I Kecamatan Silo Kabupaten Jember, guru memperkenalkan bentuk-bentuk dasar geometri secara bertahap dengan menggambar contoh di papan tulis serta menjelaskan jenis-jenis garis dan jumlahnya. Kegiatan dilanjutkan dengan mengajak anak-anak menggambar bentuk tersebut secara bergiliran. Untuk memperkuat pemahaman, guru mengaitkan bentuk bentuk geometri dengan objek nyata disekitar, seperti potongan pizza, gunung, telivisi, dan kursi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fitriyani Fitriyani Fitriyani
Date Deposited: 18 Jun 2025 08:31
Last Modified: 18 Jun 2025 08:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43066

Actions (login required)

View Item View Item