Hubungan Antara Literasi Sains dan Self Efficacy dengan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas X di SMA Argopuro Panti Tahun Ajaran 2024/2025.

Yundari, - (2025) Hubungan Antara Literasi Sains dan Self Efficacy dengan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas X di SMA Argopuro Panti Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
yundari_211101080029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (53MB)

Abstract

Yundari, 2025: Hubungan Antara Literasi Sains dan Self Efficacy dengan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas X di SMA Argopuro Panti Tahun Ajaran 2024/2025.
Kata kunci: Literasi Sains, Self Efficacy, Keterampilan Berpikir Kritis
Siswa pada abad ke-21 dituntut untuk memiliki literasi sains, kepercayaan diri akademik (self-efficacy), serta keterampilan berpikir kritis guna menghadapi tantangan pembelajaran yang semakin kompleks. Berdasarkan studi literatur, hubungan antara literasi sains, self-efficacy, dan keterampilan berpikir kritis masih memerlukan kajian yang lebih mendalam, terutama pada materi klasifikasi makhluk hidup. Dengan demikian diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi dan rujukan dalam peningkatan mutu pembelajaran biologi di sekolah.
Tujuan dari penelitian ini untuk : 1) Mendeskripsikan profil literasi sains, self-efficacy dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup. 2) Mendeskripsikan hubungan antara literasi sains dengan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup. 3) Mendeskripsikan hubungan antara self-efficacy dengan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup. 4) Mendeskripsikan hubungan antara literasi sains dengan self-efficacy pada materi klasifikasi makhluk hidup 5) Mendeskripsikan hubungan antara literasi sains dan self-efficacy dengan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup
Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Penelitian ini menggunakan Teknik simple random sampling dengan kelas XI IPA sebagai kelas uji coba dan kelas X sebagai responden sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan tes literasi sains dan keterampilan berpikir kritis dan angket self efficacy. Analisis data menggunakan analisis korelasi sederhana dan korelasi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Profil literasi sains memperoleh rata-rata 56,39 % tergolong sedang, self efficacy memperoleh rata-rata 65,83% tergolong sedang, keterampilan berpikir kritis siswa memperoleh rata-rata 55,94% tergolong sedang. 2) Terdapat hubungan yang signifikan antara literasi sains dengan keterampilan berpikir kritis siswa sebesar 0,918 tergolong sangat kuat dengan sig. 0,000 < 0,05 dan t hitung=19,254 > t tabel=1,667. 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara self efficacy dengan keterampilan berpikir kritis siswa sebesar 0,666 tergolong kuat dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 dan t hitung= 7,343 > t tabel=1,667.4) Terdapat hubungan signifikan antara literasi sains dengan self efficacy di SMA Argopuro Panti sebesar 0,538 tergolong sedang. Dengan (sig.) yaitu 0,000 < 0,05, dan thitung 5,228 > 1,667. 5) Terdapat hubungan yang signifikan antara literasi sains dan self efficacy dengan keterampilan berpikir kritis siswa sebesar 0,941 tergolong sangat kuat dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 dan F hitung = 261,567 > F tabel = 3,13.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1604 Human Geography > 160403 Social and Cultural Geography
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Yundari
Date Deposited: 18 Jun 2025 08:53
Last Modified: 18 Jun 2025 08:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43077

Actions (login required)

View Item View Item