Implementasi metode pembelajaran mekar pada pembelajaran ips di sekolah SMP alam insan cendekia bondowoso tahun Pelajaran 2023-2024

wafi, abdil (2025) Implementasi metode pembelajaran mekar pada pembelajaran ips di sekolah SMP alam insan cendekia bondowoso tahun Pelajaran 2023-2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi terbaru (2).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Metode mekar merupakan cara untuk mengajar yang dilakukan dengan memberikan sebuah kebebasan ekspresi siswa dalam proses pembelajaran di lingkungan sekolah atau ketika melakukan kegiatan pembelajaran di alam.
Metode pembelajaran mekar diterapkan di sekolah alam dimana metode tersebut sesuai dengan proses pembelajaran yang menjadikan alam sebagai media pembelajaran secara langsung yang melalui beberapa tahapan yang terdiri dari mekar itu sendiri, yaitu menyapa,eksplorasi,kenali,aksi dan refleksi. Tahapan metode mekar akan berhasil dengan keterlibatan pendidik dan siswa saat pelaksanaan metode mekar di lingkup pembelajaran yang dilakukan di alam.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana penerapan metode mekar pada pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di sekolah alam insan cendekia bondowoso? Sedangkan tujuan yang hendak dicapai oleh peneliti adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode mekar pada pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di sekolah alam insan cendekia bondowoso.
Untuk menjawab permasalahan ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi 3 hal yaitu Kondensasi Data (Data Condensation), Penyajian Data (Data Display), Penarikan Kesimpulan (Conclusion Drawing).
Hasil penelitian ini : 1.) implementasi metode mekar dalam pembelajaran ips di sekolah SMP alam insan cendekia. 2.) cara mengoptimalkan metode mekar di sekolah alam dengan melibatkan peserta didik dan siswa secara langsung di alam dengan pendampingan yang profesional. 3.) Upaya perbaikan dari evaluasi metode pembelajaran mekar yang dilakukan secara bersama melibatkan pendidik dan siswa secara langsung di akhir pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode mekar, pembelajaran ips, sekolah alam
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: man abdil wafi
Date Deposited: 18 Jun 2025 09:49
Last Modified: 18 Jun 2025 09:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43095

Actions (login required)

View Item View Item