PERAN KOMUNITAS LASKAR SEGORO KIDUL DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT SEBAGAI SUMBER BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Putri, Dwi Tarisa (2025) PERAN KOMUNITAS LASKAR SEGORO KIDUL DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT SEBAGAI SUMBER BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dwi Tarisa Putri_211101090034_Skipsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Dwi Tarisa Putri, 2025: Peran Komunitas Laskar Segoro Kidul Dalam Pemberdayaan Masyarakat Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial
Kata Kunci : Komunitas, Pemberdayaan Masyarakat, Pelestarian Lingkungan, Pengembangan Ekonomi, Sumber Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial.
Komunitas Komunitas Laskar Segoro Kidul merupakan komunitas yang bergerak dalam bidang pelestarian lingkungan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat pesisir di kawasan Pantai Selatan, Kabupaten Jember. Aktivitas yang dijalankan komunitas ini mengandung nilai-nilai edukatif yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di tingkat SMP.
Fokus penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana peran Komunitas Laskar Segoro Kidul dalam bidang pelestarian lingkungan sebagai sumber belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, dan 2) Bagaimana peran Komunitas Laskar Segoro Kidul dalam pengembangan ekonomi sebagai sumber belajar Ilmu Pengetahuan Sosial.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan peran Komunitas Laskar Segoro Kidul dalam pemberdayaan masyarakat di bidang pelestarian lingkungan sebagai sumber belajar IPS, dan 2) Mendeskripsikan peran Komunitas Laskar Segoro Kidul dalam pengembangan ekonomi sebagai sumber belajar IPS.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pemilihan subjek dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber dan triangulasi waktu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran Komunitas Laskar Segoro Kidul dalam bidang pelestarian lingkungan sebagai sumber belajar IPS meliputi lima aspek, yaitu sebagai pelaksana aksi penanaman mangrove dan bersih pantai, edukator yang menanamkan nilai peduli lingkungan kepada generasi muda, penggerak kolaborasi antara masyarakat, mahasiswa, dan pemerintah, pengembang lingkungan berkelanjutan, serta sumber belajar kontekstual melalui kegiatan lapangan. 2) Dalam bidang pengembangan ekonomi, komunitas berperan sebagai fasilitator pelatihan keterampilan dan kewirausahaan, penggerak kolaborasi dan solidaritas usaha, pemberi inspirasi dalam pengembangan potensi wisata lokal, serta pendorong kemandirian dan kreativitas masyarakat. Komunitas ini menjadi contoh nyata bagaimana pembelajaran IPS dapat dihubungkan langsung dengan praktik di lapangan melalui aktivitas berbasis masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Dwi Tarisa Putri
Date Deposited: 19 Jun 2025 01:08
Last Modified: 19 Jun 2025 01:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43103

Actions (login required)

View Item View Item