Pengembangan Alat Peraga Sistem Pernapasan Pintar SIPP Berbantuan Metode Demonstrasi pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V di Sekolah Dasar Swasta Islam Ulul Albab Jember Tahun Ajaran 2024-2025

Maisiah, Silfia (2025) Pengembangan Alat Peraga Sistem Pernapasan Pintar SIPP Berbantuan Metode Demonstrasi pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V di Sekolah Dasar Swasta Islam Ulul Albab Jember Tahun Ajaran 2024-2025. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Silfia Aisatun Maisiah_212101040058-1_250619_124418.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Pemilihan alat peraga tentunya perlu disesuaikan dengan kebutuhan zaman
dan karakteristik peserta didik supaya pembelajaran dapat berjalan secara optimal.
Penelitian pengembangan alat peraga ini dilatar belakangi oleh minimnya alat
bantu Ketika proses pembelajaran, guru kesulitan membuat alat bantu untuk
menunjang pembelajaran karena keterbatasan waktu, siswa kesulitan memahami
materi dan kurang antusias jika belajar tanpa alat bantu untuk menunjang
pembelajara. Untuk melengkapi sarana pembelajaran pada muta pelajaran IPAS
materi sistem pernapasan manusia Kelas V. Alat peraga ini digunakan untuk
memenuhi kebutuhan peserta didik dalam pembelajaran IPAS dengan
memanfaatkan alat peraga SIPP.
Penelitian ini memiliki tujuan sebagai berikut: 1) Untuk mengembangkan
alat peraga Sistem Pernapasan Pintar (SIPP) pada mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di Sekolah Dasar Islam Ulul Albab Jember.
2) Untuk mengetahui kelayakan alat peraga Sistem Pernapasan Pintar (SIPP) pada
mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di Sekolah Dasar Islam
Ulul Albab Jember. 3) Untuk mengetahui keefektifan alat peraga Sistem
Pernapasan Pintar (SIPP) pada mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial
(IPAS) di Sekolah Dasar Islam Ulul Albab Jember.
Metode yang digunakan ialah Research and Development (Penelitian dan
Pengembangan) model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation,
dan Evaluation ) dengan uji coba skala kecil dan skala besar. Teknik pengumpulan
data menggunakan observasi, wawancara, pengisian angket, dokumentasi dan tes
dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Subjek uji coba dalam
pengembangan ini ialah validasi oleh ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran
atau guru serta peserta didik di Sekolah Dasar Swasta Islam Ulul Albab Jember.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Produk yang dihasilkan
pada penelitian dan pengembangan ini adalah alat peraga Sistem Pernapasan
Pintar (SIPP) 2) Kelayakan alat peraga SIPP yang dikembangkan sangat layak
berdasarkan hasil angket uji validitas oleh 3 ahli validator dan respon peserta
didik kelas VB. Hasil dari validasi ahli media sebesar 87,5% dengan kategori
sangat layak, hasil dari ahli materi sebesar 91,42% dengan kategori sangat layak
dan dari ahli pembelajaran sebesar 95,71% dengan kategori sangat valid. Hasil
rata-rata angket dari para validator menunjukkan presentase 91,54% dengan
kategori sangat layak digunakan . Adapun hasil angket respon peserta didik pada
uji coba skala kecil yaitu sebesar 92,14% dan hasil angket respon peserta didik
pada uji coba skala besar adalah 93,43%. 3) Hasil uji efektivitas menggunakan uji
normalitas dengan nilai sig. posttest dan pretest 0.023 dan 0.002 dan menunjukkan
bahwa nilai sig.lebih kecil dari 0.05 sehingga dinyatakan tidak berdistribusi
dengan normal, Uji Wilcoxon diperoleh sig. 0.000<0.050, artinya terdapat
perbedaan rata-rata yang signifikan antar sebelum dan sesudah penggunaat alat
peraga SIPP.
Kata kunci: Alat Peraga, Sistem Pernapasan, Metode Demonstrasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: silfia maisyah
Date Deposited: 19 Jun 2025 06:22
Last Modified: 19 Jun 2025 06:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43215

Actions (login required)

View Item View Item