Hamdan, Ahmad (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING TERHADAP MINAT BELAJAR IPA PADA MATERI ZAT ADIKTIF KELAS (VIII) DI MTS BUSTANUL ULUM BULUGADING BANGSALSARI. Undergraduate thesis, Universitas Kiai Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Ahmad_Hamdann.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Proses pembelajaran IPA masih sering berupa penyajian materi dengan metode ceramah dan minimnya siswa mengepresikan kemampuan dan kreativitas siswa. Kurangnya minat siswa, dikarenakan dalam pelajaran IPA lebih dominan kepada guru, minimnya variasi model dalam pembelajaran dan juga fasilitas yang kurang memadai sehingga siswa cepat bosan dan kurang berminat dalam memperhatikan pembelajaran tersebut, oleh karena itu pembelajaran membutuhkan model pembelajaran alternatif berupa snowball throwing dimana tujuan model ini untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran khususnya di mata pelajaran IPA.
Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan Penerapan Model Snowball Throwing Terhadap Minat Belajar IPA Pada Materi Zat Adiktif di MTs Bustanul Ulum Bulugading Bangsalsari. Dan juga untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Snowball Throwing Terhadap Minat Belajar IPA Pada Materi Zat Adiktif VIII di MTs Busatanul Ulum Bulugading Bangsalsari.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini, menggunakan Quasi Eksperimen dan menggunakan nonequivalent control group design, desain ini merupakan desain semi eksperimen yang menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII di MTs Bustanul Ulum Bulugading Bangsalsari yang berjumlah 153 siswa, Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling dengan kelas VIII A sebagai eksperimen dengan jumlah 38 peserta didik dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol dengan jumlah 37 peserta didik.
Dari hasil uji hipotesis menggunakan uji Independent Sampel T-test dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model snowball throwing terhadap minat belajar siswa. Nilai signifikansi sejumlah 0,05 lebih besar dari 0,006 menunjukkan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada minat belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol setelah diterapkan Model Snowball Throwing Terhadap Minat Belajar IPA Pada Materi Zat Adiktif Kelas VIII di MTs Bustanul Ulum Bulugading Bangsalsari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1199 Other Medical and Health Sciences > 119999 Medical and Health Sciences not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160810 Urban Sociology and Community Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society |
Depositing User: | S.Pd Ahmad Hamdan |
Date Deposited: | 20 Jun 2025 00:50 |
Last Modified: | 20 Jun 2025 00:50 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43221 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |