Pratiwi, Wiji Dwistya (2025) Pengembangan Modul Ajar Untuk Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Dengan Strategi Heuristik Pada Pokok Materi Persamaan Dan Fungsi Kuadrat di MA AL-QODIRI Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
SKRIPSI WIJI DWISTYA PRATIWI.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (30MB) |
Abstract
Kata Kunci: Modul Ajar, Strategi Heuristik, Kemampuan Pemecahan Masalah, Persamaan dan Fungsi Kuadrat
Pengembangan modul ajar merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran dikelas. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki seorang siswa dalam pembelajaran matematika yakni kemampuan pemecahan masalah. Oleh sebab itu, untuk menunjang keberhasilan guru dalam melaksanakan pembelajaran melalui penggunaan strategi. Salah satu strategi yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran matematika ialah strategi heuristik.
Penelitian ini bertujuan:1) Untuk mendeskripsikan kevalidan modul ajar matematika dengan strategi heuristik untuk melatih kemampuan pemecahan masalah pada pokok materi persamaan dan fungsi kuadrat. 2) mendeskripsikan kepraktisan modul ajar matematika dengan strategi heuristik untuk melatih kemampuan pemecahan masalah pada pokok materi persamaan dan fungsi kuadrat. 3) untuk mendeskripsikan keefektifan modul ajar matematika dengan strategi Heuristik untuk melatih kemampuan pemecahan masalah pada pokok materi persamaan dan fungsi kuadrat.
Jenis penelitian ini yakni Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Adapun model ini memiliki lima tahapan, yakni Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Sementara itu, pada teknik pengumpulan data menggunakan angket respon siswa, angket respon guru, serta soal post test. Subjek pada penelitian ini yakni siswa kelas X E2 di Ma Al-Qodiri Jember
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kevalidan produk memperoleh dari validator materi sebesar 90%. Nilai kedua diperoleh dari validator ahli perangkat pembelajaran sebesar 96,36%. Kemudian kedua nilai tersebut diperoleh rata-rata sebesar 93,18% sehingga produk tersebut dikatakan Sangat Valid. Hasil dari analisis kepraktisan diperoleh dari angket respon peserta didik sebesar 82,97% dan angket respon guru sebesar 84%. Kedua nilai tersebut diperoleh rata-rata sebesar 83,48% sehingga diklasifikasikan dalam kategori praktis. Hasil analisis data uji efektifitas didapatkan dari test menunjukkan nilai dengan presentase 80,95%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa Modul Ajar Matematika dengan Strategi Heuristik untuk mengajarkan kemampuan pemecahan masalah pada pokok materi persamaan dan fungsi kuadrat efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs Wiji Dwistya Pratiwi |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 07:12 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 07:12 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43223 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |