PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM TRANSAKSI CASH ON DELIVERY ATAS PENGIRIMAN BARANG TANPA PESANAN PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN FIQH MUAMALAH

Nur Laily, Shelomita (2025) PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM TRANSAKSI CASH ON DELIVERY ATAS PENGIRIMAN BARANG TANPA PESANAN PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN FIQH MUAMALAH. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Shelomita Nur Laily_211102020031.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Shelomita Nur Laily, 2025: Perlindungan Konsumen Dalam Transaksi Cash On Delivery Atas Pengiriman Barang Tanpa Pesanan Prespektif Undang – Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tantang Perlindungan Konsumen Dan Fiqh Muamalah

Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Konsumen, Cash On Delyvery, Undang-Undang Perlindungan Konsumen, Fiqh Muamalah

Dalam metode pembayaran Cash On Delivery COD, sering dijumpai berbagai permasalahan salah satunya yaitu pengiriman barang tanpa pesanan. Pengiriman barang tanpa pesanan melalui metode COD menimbulkan isu hukum terkait pelanggaran hak konsumen. Hal ini menunjukkan adanya kebutuhan mendesak untuk mengkaji lebih dalam mengenai perlindungan hukum yang ada, serta efektivitasnya dalam melindungi konsumen dari praktik-praktik yang merugikan.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini yaitu: 1. Bagaimana Bentuk Perlindungan Konsumen Dalam Transaksi Cash On Delivery Atas Pengiriman Barang Tanpa Pesanan Perspektif Undang – Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tantang Perlindungan Konsumen ?, 2. Bagaimana Bentuk Perlindungan Konsumen Dalam Transaksi Cash On Delivery Atas Pengiriman Barang Tanpa Pesanan Perspektif Fiqh Muamalah ?.
Tujuan masalah penelitian ini ditujukan pada: 1.Untuk Mengetehui Bentuk Perlindungan Konsumen Dalam Transaksi Cash On Delivery Atas Pengiriman Barang Tanpa Pesanan Perspektif Undang – Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tantang Perlindungan Konsumen. 2.Untuk Mengetehui Bentuk Perlindungan Konsumen Dalam Transaksi Cash On Delivery Atas Pengiriman Barang Tanpa Pesanan Perspektif Fiqh Muamalah
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian hukum normatif sumber bahan hukum dalam penelitian ini terdiri dari bahan hukum primer, sekunder, dan tersier yang diperoleh dari undang-undang dan serta literatur buku, jurnal yang berkaitan, teknik pengumpulan data dengan cara membaca, mengutip dalam sumber bahan hukum.
Peneliti memperoleh kesimpulan 1. Undang-undang yang mengatur tentang perlindungan konsumen bahwa terdapat pasal yang mengatur pelindungan konsumen dari pengiriman barang tanpa pesanan yang terdapat pada pasal 4 yang mengatur tentang hak konsumen 2. Pengiriman barang tanpa pesanan jelas tidak memenuhi syarat akad jual beli, karena tidak adanya ijab dan kabul diantara penjual dan pembeli. Hak iyar yang dijelaskan dalam hadis juga tidak bisa diterapkan karena akadnya sendiri tidak ada, sehingga Konsumen tidak wajib menerapkan atau membayar barang tersebut. Dengan demikian fiqih muamalah memberikan perlindungan secara prinsipil kepada konsumen dari bentuk-bentuk kecurangan, penipuan, atau pemaksaan dalam transaksi, termasuk dalam kasus beriman barang tanpa pesanan melalui sistem pembayaran cod.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Shelomita Nur Laily
Date Deposited: 19 Jun 2025 07:04
Last Modified: 19 Jun 2025 07:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43231

Actions (login required)

View Item View Item