Implementasi Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Rekayasa dan Teknologi Di Sekolah Dasar Islam Tompokersan Lumajang Tahun Pelajaran 2024/2025

Ain, Nafilatul (2025) Implementasi Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Rekayasa dan Teknologi Di Sekolah Dasar Islam Tompokersan Lumajang Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Nafilatul Ain_211101040046.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Nafilatul Ain, 2025: Implementasi Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar
Pancasila Tema Rekayasa dan Teknologi di Sekolah Dasar Islam Tompokersan
Lumajang Tahun Pelajaran 2024/2025.
Kata Kunci: Implementasi, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah salah satu program dalam
penerapan kurikulum Merdeka yang menekankan pentingnya Pendidikan karakter
yang tercermin dalam profil pelajar Pancasila yang sejalan dengan nilai-nilai
pancasila. Kegiatan P5 ini membuat peserta didik merasakan proses pembelajaran
yang begitu menyenangkan. Hal ini disebabkan peserta didik memperoleh
pengetahuan baru tentang teknologi dan melakukan praktek langsung sehingga
mempermudah peserta didik terkait apa yang sedang dipelajari.
Fokus penelitian, yaitu: 1) Bagaimana Perencanaan Kegiatan Projek
Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Rekayasa dan Teknologi di Sekolah
Dasar Islam Tompokersan Lumajang Tahun Pelajaran 2024/2025?; 2) Bagaimana
Pelaksanaan Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Rekayasa
dan Teknologi di Sekolah Dasar Islam Tompokersan Lumajang Tahun Pelajaran
2024/2025?; dan 3) Bagaimana Asesmen Kegiatan Projek Penguatan Profil
Pelajar Pancasila Tema Rekayasa dan Teknologi di Sekolah Dasar Islam
Tompokersan Lumajang Tahun Pelajaran 2024/2025?
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan,
dan asesmen kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila tema rekayasa dan
teknologi di Sekolah Dasar Islam Tompokersan Lumajang Tahun Pelajaran
2024/2025. Penelitian ini metode penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi.
Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, guru kelas IB dan guru
kelas IVA. Teknik pengumpulan data melalui observasi partisipasi pasif,
wawancara semiterstruktur, dan dokumentasi. Analisis data melalui model Miles,
Huberman, dan Saldana meliputi empat tahap, yaitu pengumpulan data,
kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) perencanaan meliputi pembentukan tim
fasilitator, kesiapan tingkat satuan Pendidikan tergolong lanjutan, tema P5
rekayasa dan teknologi dengan alokasi waktu 12 kali pertemuan, guru menyusun
modul projek sendiri, dan pelaporan projek setelah kegiatan gelar karya; 2)
pelaksanaan melalui empat alur yaitu temukan dengan memberikan pengenalan
topik bioteknologi hidroponik di kelas I dan kreasi robotik di kelas IV, bayangkan
yaitu dibentuk kelompok untuk ide projek, lakukan yaitu mulai mengerjakan
projek tanaman hidroponik di kelas I dan membuat robot di kelas IV, dan bagikan
adalah penampilan gelar karya P5; 3) asesmen P5 melalui LKPD di setiap
pertemuan dan rapor P5 yang memuat tingkat pencapaian BB, MB, BSH, dan SB.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs. Nafilatul Ain
Date Deposited: 19 Jun 2025 08:08
Last Modified: 19 Jun 2025 08:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43242

Actions (login required)

View Item View Item