Strategi Marketing Public Relation Media Massa PT. Memorandun dalam Menghadapi Persaingan di Tengah Media Digital

Wijaya, Aldo Ranu (2025) Strategi Marketing Public Relation Media Massa PT. Memorandun dalam Menghadapi Persaingan di Tengah Media Digital. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsii Aldo Ranu Wijaya fix WM perpus.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Aldo Ranu Wijaya, 2025 : Strategi Marketing Public Relation Media Massa PT. Memorandum dalam Menghadapi Persaingan di Tengah Media Digital
Kata Kunci: Marketing Public Relation, Strategi Pemasaran, PT.Memorandum
Pesatnya perkembangan teknologi di era saat ini membawa banyak perubahan secara signifikan, salah satunya pada bidang digitalisasi dan internet, hal ini berdampak pada keberadaan media massa yang sedikit tergeser dari posisinya, perubahan perilaku manusia dalam mengkonsumsi berita atau informasi memanfaatkan media digital dengan kemudahan berbagai macam akses dan penggunaannya relative lebih fleksibel dibanding menggunakan media cetak. Saat ini media cetak tidak hanya bersaing dengan sesama media cetak tetapi media digital juga ikut andil dalam persaingan tersebut Seperti yang dialami perusahaan media cetak Memorandum yang cukup survive di tengah persaingan di era saat ini, baik dengan sesama media cetak maupun media digital
Fokus penelitian pada skripsi ini yaitu; (1). Bagaimana strategi marketing public relation Perusahaan Memorandum dalam menghadapi persaingan di tengah media digital? (2).Bagaimana Implementasi dari Marketing Public Relation sebagai Upaya Kegiatan Pemasaran di era digital?. Adapun tujuan dari penelitian ini; (1). Untuk mengetahui Bagaimana strategi marketing public relation Perusahaan Memorandum dalam menghadapi persaingan di Tengah Media digital ? (2). Untuk mengetahui bagaimana Pengimplementasian dari Marketing Public Relation sebagai Upaya Kegiatan Pemasaran di era digital?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menerapkan metode (Field research). Tujuan menggunakan pendekatan ini untuk memperoleh pemahaman secara mendalam mengenai peristiwa yang dialami oleh subjek penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara secara mendalam dan dokumentasi
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah; 1).Strategi yang di terapkan oleh Memorandum bergerak di berbagai macam sektor, sektor pemasaran secara konveisonal atau offline, menggunakan teknologi digital,serta membangun kerjasama dengan berbagai macam perusahaan hal ini saling bersinergi antara media cetak dan media digital, serta kolaborasi dengan instansi dalam mendukung pemasaran hal tersebut yang memperkuat Memorandum hingga saat ini 2). Implementasi yang di terapkan melalui pendekatan komunikasi yang aktif, promosi lintas platfrom dan aktivitas sosial yang membangun citra publik, seperti contoh ; melakukan publikasi secara offline dan online dengan memanfaatkan kekuatan media sosial sebagai sarana promosi, mengadakan event dalam mengenalkan produk, melaksanakan kegiatan sosial sebagai sarana dalam promosi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aldo Ranu Wijaya
Date Deposited: 19 Jun 2025 07:19
Last Modified: 19 Jun 2025 07:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43245

Actions (login required)

View Item View Item