PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FUN CLASSROOM GAMES BERBASIS BAMBOOZLE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH AR-ROUDHOH PATRANG JEMBER TAHUN 2025/2026

Makrifatul Waqiah, Ani (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FUN CLASSROOM GAMES BERBASIS BAMBOOZLE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH AR-ROUDHOH PATRANG JEMBER TAHUN 2025/2026. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ANIMA REVISI_sudah diperbaiki.pdf

Download (9MB)

Abstract

Pemilihan media pembelajaran tentunya perlu menyesuaikan dengan
kebutuhan zaman dan karakteristik peserta didik agar pembelajaran dapat berjalan secara optimal. Akan tetapi, berdasarkan observasi dan wawancara, dalam pembelajaran ditemukan sejumlah kendala yakni peserta didik di kelas 4C
Excellent masih minim antusias dan kesulitan dalam memahami materi Menghargai Perilaku Keberagaman pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dikarenakan kurangnya penggunaan media serta strategi yang kurang beragam. Oleh sebab itu, media pembelajaran Fun Classroom Games berbasis Bamboozle digunakan untuk dapat menarik antusias dan membantu peserta didik dalam proses pembelajaran. Adapun tujuannya ialah: 1.) Untuk mendesain media pembelajaran Fun Classroom Games berbasis Bamboozle yang diharapkan Setelah diterapkannya media pembelajaran tersebut Siswa kelas 4C di MI- Ar Roudhoh Patrang Jember akan lebih terlibat aktif dalam proses pembelajaran terutama pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila 2.) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Fun Classroom Games berbasis Bamboozle terhadap proses pembelajaran siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV di MI Ar-Roudhoh Patrang Jember 3.) Untuk mengetahui Efektivitas media pembelajaran Fun Classroom Games berbasis Bamboozle terhadap proses pembelajaran siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV di MI Ar-Roudhoh Patrang Jember. Metode yang digunakan ialah Research and Development (Penelitian dan Pengembangan) model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation) dengan uji coba skala kecil pada 5 peserta didik dan skala besar pada 24 peserta didik. Penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan tes dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, Pengembangan Media Fun Classroom Games berbasis Bamboozle. telah sesuai dengan model ADDIE yatu, Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan, Evaluasi. Kedua, kelayakan pengembangan media ini dari tiga validator memperoleh rata-rata yaitu 94,85% yang berarti media ini sangat layak, hasil respon peserta didik pada uji skala kecil dan skala besar memperoleh skor 92,5% dan 89,17% dengan kriteria sangat baik, Ketiga, Analisis Efektivitas dilakukan menggunakan uji N-Gain diperoleh skor 71,18. yang artinya memiliki peningkatan yang tinggi. Sehingga, dapat disimpulkan media pembelajaran Fun Classroom Games berbasis Bamboozle cukup efektif diterapkan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0801 Artificial Intelligence and Image Processing > 080106 Image Processing
10 TECHNOLOGY > 1006 Computer Hardware > 100603 Logic Design
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Depositing User: Ms Ani Makrifatul waqiah
Date Deposited: 19 Jun 2025 08:01
Last Modified: 19 Jun 2025 08:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43258

Actions (login required)

View Item View Item