Inggawana, Nyaring Sember (2025) Pengaruh Pembelajaran Outdoor Learning Berbasis Education For Sustainable Development Materi Perubahan Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Dan Kesadaran Lingkungan Pada Siswa Kelas X MAN 1 Kota Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
SKRIPSI_SIDANG_Nyaring_WM.pdf Download (7MB) |
Abstract
Nyaring Sember Inggawana, 2025 : Pengaruh Pembelajaran Outdoor learning
Berbasis Education for Sustainable Development Materi Perubahan Lingkungan
Terhadap Materi Perubahan Lingkungan Pada Siswa Kelas X MAN 1 Kota
Probolinggo Tahun Pelajaran 2024/2025.
Kata Kunci : Metode pembelajaran outdoor learning berbasis Education for
Sustainable Development ,Hasil belajar, Kesadaran lingkungan.
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan suasana pembelajaran yang pasif
sehingga menyebabkan hasil belajar yang kurang maksimal dalam materi yang
dipelajarinya dan kurangnya kesadaran lingkungan pada siswa di MAN 1 Kota
Probolinggo yang dimana sekolah tersebut sudah menjadi sekolah adiwiyata
mandiri.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1. Adakah perbedaan signifikan
dalam hasil belajar antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran
Outdoor Learning berbasis Education for Sustainable Development dan peserta
didik yang tidak menggunakan pendekatan tersebut? 2. Adakah perbedaan
signifikan dalam kesadaran lingkungan peserta didik yang menggunakan model
pembelajaran Outdoor Learning berbasis Education for Sustainable Development
dengan peserta didik yang tidak menggunakan model pendekatan tersebut?
Tujuan dari penelitian ini adalah : 1. Untuk menganalisis pengaruh
signifikan dalam hasil belajar antara peserta didik yang menggunakan model
pembelajaran Outdoor Learning berbasis Education for Sustainable Development
dan peserta didik yang tidak menggunakan model pendekatan tersebut 2. Untuk
mengidentifikasi perbedaan signifikan dalam kesadaran lingkungan antara peserta
didik yang menggunakan model pembelajaran Outdoor Learning berbasis
Education for Sustainable Development dan peserta didik yang tidak menggunakan
model pendekatan tersebut
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data
berupa tes dan angket, bentuk analisis data yang digunakan merupakan independent
sample t-test yakni untuk mengetahui perebedaan anatar dua kelompok yang
berbeda.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1. Berdasarkan hasil penelitian
yang dilakukan pada nilai posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen memperoleh
hasil hipotesis 0,002 yang dimana kriteria penilaian jika nilai sig. < 0,05 maka
terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada kelas kontrol dan kelas
eksperimen atau Ha1 diterima. Sehingga dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh
yang signifikan pada metode pembelajaran Outdoor learning berbasis Education
for Sustainable Development terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN 1 Kota
Probolinggo. 2. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh nilai sig.
0,305 yang menunjukkan tidak ada pengaruh kesadaran lingkungan menggunakan
metode pembelajaran Outdoor learning berbasis Education for Sustainable
Development
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060208 Terrestrial Ecology |
Depositing User: | miss perpustkaan uin khas jember |
Date Deposited: | 20 Jun 2025 01:00 |
Last Modified: | 20 Jun 2025 01:00 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43263 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |