Hariyadi, Hariyadi (2025) TINDAKAN SOSIAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MELAKSANAKAN OPERANT CONDITIONING PADA PESERTA DIDIK PEROKOK DI SMP ISLAM AL-HIDAYAH MANGLI TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Hariyadi_212101010072.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Hariyadi, 2025: Tindakan Sosial Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Melaksanakan Operant Conditioning pada Peserta Didik Perokok di SMP Islam Al-Hidayah Mangli Tahun Ajaran 2024/2025.
Kata kunci: tindakan sosial, guru pendidikan agama islam dan budi pekerti, operant conditioning.
Perilaku merokok kini telah menjadi kebiasaan berisiko yang lazim di kalangan pelajar. Ironisnya lagi, sebagian besar pelajar remaja Indonesia menganggap perilaku merokok sebagai gaya hidup yang wajar dan normal. Oleh karena itu, masalah ini harus segera ditangani dengan respons yang tepat, sepadan, dan efektif, untuk mencegah kecanduan rokok yang berkepanjangan serta meminimalisir angka mortalitas dan morbiditas di tingkat nasional maupun internasional. Adapun salah satu respons yang dapat digunakan dalam merespons peserta didik perokok di sekolah adalah operant conditioning, sebuah teori dan pendekatan yang dimunculkan oleh B. F Skinner pada tahun 1938 untuk memodifikasi perilaku manusia melalui pemberian konsekuensi.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana tindakan sosial guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melaksanakan operant conditioning pada peserta didik perokok di SMP Islam Al-Hidayah Mangli? 2). Bagaimana bentuk operant conditioning yang dilaksanakan oleh guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada peserta didik perokok di SMP Islam Al-Hidayah Mangli?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengeksplorasi tindakan sosial guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melaksanakan operant conditioning pada peserta didik perokok di SMP Islam Al-Hidayah Mangli. 2) Untuk mengeksplorasi bentuk operant conditioning yang dilaksanakan oleh guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada peserta didik perokok di SMP Islam Al-Hidayah Mangli.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus intrinsik. Teknik pengumpulan data yang digunakan, berupa: wawancara dan dokumentasi. Adapun sumber data yang digunakan, terdiri dari: data primer (hasil wawancara dan dokumentasi) dan data sekunder (buku, perundang-undangan, Al-Qur’an, thesis, artikel SINTA 2, dan artikel Scopus Q1). Sedangkan, dalam menganalisis data menggunakan teknik analisis interaktif Miles et. al., yang terdiri dari: data condensation, data display, dan drawing & verifying conclusion.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Tindakan sosial guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melaksanakan operant conditioning pada peserta didik perokok di SMP Islam Al-Hidayah Mangli ialah tindakan rasionalitas instrumental. 2) Bentuk operant conditioning yang dilaksanakan oleh guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada peserta didik perokok di SMP Islam Al-Hidayah Mangli adalah removal punishment dengan teknik response cost, yang berupa: pengambilan hak bebas bermain di luar lingkungan sekolah pada jam istirahat (isolasi).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Hariyadi Hariyadi |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 08:28 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 08:28 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43271 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |