Munawwaroh, Madinatul (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Materi Pencemaran Lingkungan Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Quran Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas X MA Darus Sholah Jember Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
SKRIPSI DINA-1 (1) (1) (1) (2).pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Masalah, Terintengrasi Ayat-Ayat Al-Quran, Pemahaman Konsep, Pencemaran Lingkungan.
Pencemaran lingkungan merupakan salah satu materi pembelajaran biologi yang penting dan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Namun, materi ini sering dianggap sulit dipahami siswa karena sifatnya yang abstrak dan kontekstual. Berdasarkan observasi awal di MA Darus Sholah Jember, ditemukan bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan memahami konsep pencemaran lingkungan. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran yang selama ini digunakan belum sepenuhnya mendukung pemahaman siswa secara optimal. Untuk itu, diperlukan model pembelajaran yang mampu menghubungkan materi pembelajaran dengan kehidupan nyata serta nilai-nilai spritual keagamaan. Salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah model pembelajaran berbasis masalah materi pencemaran lingkungan terintegrasi ayat-ayat Al-Quran.
Penelitian ini bertujuan untuk: Untuk mengetahui pengaruh signifikan antara pemahaman konsep pada siswa dengan model pembelajaran berbasis masalah materi pencemaran lingkungan terintegrasi ayat-ayat Al-Quran dan yang diajarkan dengan model konvensional Kelas X MA Darus Sholah Jember tahun ajaran 2024/2025?
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis quasi experiment dan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian berjumlah 40 siswa kelas X MA Darus Sholah Jember yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi, dengan instrumen tes berupa soal uraian yang telah divalidasi. Analisis data prasyarat menggunakan uji-t melalui bantuan SPSS versi 27.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah materi terintegrasi ayat-ayat Al-Quran berpengaruh signifikan terhadap pemahaman konsep siswa, dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05). Rata-rata nilai pretest kelas eksperimen meningkat dari 41,10 menjadi 90,00 pada posttest, sedangkan kelas kontrol dari 41,15 menjadi 81,85. Temuan ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa pembelajaran berbasis masalah meningkatkan pemahaman konsep melalui keterlibatan aktif siswa. Integrasi ayat-ayat Al-Quran juga memperkuat nilai spiritual dan moral. Dengan demikian, model ini efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep sekaligus membentuk karakter spiritual siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060208 Terrestrial Ecology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Perpustakaan Uinkhasjember |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 08:33 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 08:33 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43279 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |