Hafidzah, Annisa (2025) PENGARUH PENERAPAN MEDIA INFOGRAFIS PADA MATERI PENGELOLAAN SAMPAH TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS VII SEKOLAH ADIWIYATA MTS BAITUL HIKMAH TEMPUREJO-JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SHIDDIQ JEMBER.
![]() |
Text
ALHAMDULILLAH SKRIPSI ANNISA.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pengelolaan sampah sebagai salah satu permasalahan lingkungan, khususnya di lingkungan sekolah. MTs Baitul Hikmah Tempurejo-Jember sebagai sekolah Adiwiyata yang telah berkomitmen dalam menerapkan pendidikan lingkungan hidup, namun sikap peduli lingkungan siswa, khususnya dalam hal pengelolaan sampah, masih perlu ditingkatkan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan media infografis sebagai alat bantu pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan media infografis materi pengelolaan sampah di sekolah adiwiyata MTs Baitul Hikmah Tempurejo-Jember dan (2) mendeskripsikan adanya pengaruh penerapan media infografis pada materi pengelolaan sampah terhadap sikap peduli lingkungan siswa kelas VII sekolah Adiwiyata MTs Baitul Hikmah Tempurejo-Jember.
Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Group Design. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberi pembelajaran menggunakan media infografis, dan kelas kontrol yang diberi pembelajaran tanpa media infografis. Data dikumpulkan melalui angket sikap peduli lingkungan yang diberikan setelah perlakuan (posttest), serta melalui observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji-t independen untuk mengetahui perbedaan sikap antara kedua kelompok.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penelitian ini menerapkan media infografis dalam pembelajaran pengelolaan sampah. Siswa belajar secara kelompok dengan model Discovery Learning yakni pemberian stimulation, problem identification, data collection, data processing, verification, generalization. dan diakhiri dengan angket untuk mengukur sikap peduli lingkungan. (2) Berdasarkan hasil uji, diperoleh nilai signifikansi sebesar < 0,001, yang berarti lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima, yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara sikap peduli lingkungan siswa yang diajar menggunakan media infografis dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan media tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Nisa Annisa Hafidzah |
Date Deposited: | 20 Jun 2025 06:23 |
Last Modified: | 20 Jun 2025 06:23 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43311 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |