Edukasi Intensif Menuju Madrasah Ramah Anak dalam Mencegah Perilaku Bullying Pada Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember

Damayanti, Devi (2025) Edukasi Intensif Menuju Madrasah Ramah Anak dalam Mencegah Perilaku Bullying Pada Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember. Masters thesis, UIN KH. Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
TESIS DEVI DAMAYANTI (233206040011) (WM).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi atas data lapangan bahwa adanya program-program edukasi intensif Madrasah Ramah Anak (MRA) yang bertujuan dalam membangun kenyaman peserta didik ketika berada di lingkungan sekolah, sehingga melalui pelaksanaan program Madrasah Ramah Anak (MRA) agar dapat meningkatkan prestasi peserta didik, membentuk karakter peserta didik, memberi pengetahuan tentang responsif gender, dan mampu memberikan kenyamanan, dan keamanan bagi peserta didik. Hal ini dikuatkan dalam Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) pasal 3 dan 4 Nomor 8 tahun 2014 tentang Kebijakan Sekolah Ramah Anak. Pada pasal 3 berbunyi kebijakan Sekolah Ramah Anak ini dimaksudkan sebagai acuan bagi pemangku kepentingan termasuk Anak dalam mengembangkan Sekolah Ramah Anak sebagai upaya untuk mewujudkan salah satu indikator Kota Layak Anak. Pembahasan tersebut tentang Madrasah Ramah Anak (MRA) mengenai edukasi intensif penelitian yang dilakukan Fitri Rosmi, Pratiwi Kartika, dkk menunjukkan bahwa adanya program-program edukasi intensif sekolah ramah anak menjadi salah satu wadah untuk menjembatani dan meMadrasah Ibtidaiyah Negeriimalisir tramau korban bullying agar tidak terulang kembali. Sehingga penelitian ini untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana edukasi intensif sekolah ramah anak dalam mencegah perilaku bullying pada peserta didik.
Fokus penelitian ini terdiri dari, yaitu: 1)Bagaimana program edukasi intensif menuju Madrasah Ramah Anak (MRA) pada peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember? 2)Bagaimana strategi edukasi intensif menuju Madrasah Ramah Anak (MRA) dalam mencegah perilaku bullying pada peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember?. Sedangkan tujuan penelitian pada penelitian ini yaitu: 1)Untuk mendeskripsikan dan menganalisis program edukasi intensif menuju Madrasah Ramah Anak (MRA) pada peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember. 2)Untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi edukasi intensif menuju Madrasah Ramah Anak (MRA) dalam mencegah perilaku bullying pada peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Teknik penentuan subjek penelitian yaitu menggunakan porposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui, yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menurut Miles, Hubermen, dan Saldana dengan cara pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1)Program edukasi intensif menuju Madrasah Ramah Anak (MRA) di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember melibatkan tiga aspek utama: pembentukan program edukasi terdapat 3 kompenen utama yaitu guru/ pendidik, peserta didik, dan isi/ materi, kemudian untuk prosedur pengolahan kelas intensif yaitu ada 2 dimensi diantaranya prosedur dimensi pencegahan dan prosedur dimensi pengatasian/ penyembuhan, dan bentuk-bentuk edukasi intensif. Program ini mencakup kebijakan anti-kekerasan, sosialisasi anti-bullying, kerjasama dengan orang tua, pembiasaan nilai religius, aturan tegas terhadap bullying, serta pengembangan perilaku baik antar peserta didik. 2)Strategi edukasi intensif untuk mencegah perilaku bullying meliputi pembiasaan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun), penyampaian pesan moral, pemberian ruang eksplorasi bagi peserta didik, penghindaran hukuman berlebihan, partisipasi peserta didik dalam pemberdayaan, dan pembentukan tim pelaksana Madrasah Ramah Anak (MRA). Strategi ini menekankan pendekatan preventif dan kuratif untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan mendukung perkembangan karakter peserta didik.
Kata Kunci: Edukasi Intensif Sekolah Ramah Anak, Bullying

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Devi Damayanti
Date Deposited: 20 Jun 2025 02:33
Last Modified: 20 Jun 2025 02:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43316

Actions (login required)

View Item View Item