Pengembangan Evaluasi Pembelajaarn Interaktif Berbasis Game Edukasi Menggunakana Canva Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial di Sekolah Dasar Negeri Wonoayu 02 Lumajang

Mahmudah, Qudsiyah Nurul (2025) Pengembangan Evaluasi Pembelajaarn Interaktif Berbasis Game Edukasi Menggunakana Canva Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial di Sekolah Dasar Negeri Wonoayu 02 Lumajang. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Qudsiyah Nurul Mahmudah_212101040066.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Evaluasi pembelajaran berbasis game edukasi menggunakan Canva dikembangkan untuk mendukung pembelajaran IPAS pada topik Cerita tentang Daerahku di kelas IV SD. Evaluasi ini dirancang dengan navigasi peta interaktif, soal eksploratif, dan posttest berbasis pilihan ganda. Canva dipilih karena menyediakan kemudahan dalam desain visual dan interaktivitas yang sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan dan mengembangkan alat evaluasi interaktif berbasis game edukasi dalam pembelajaran IPAS kelas IV SDN Wonoayu 02 Lumajang.
Rumusan masalah meliputi: (1) Bagaimana proses pengembangan alat evaluasi pembelajaran berbasis game edukasi menggunakan Canva? (2) Bagaimana kelayakan alat evaluasi tersebut? (3) Bagaimana keefektifan alat evaluasi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa?
Tujuan dari penelitian ini, untuk mendeskripsiikan pengembangan evaluasi pembelajaran interaktif berbasis game edukasi menggunakan Canva, serta mengetahui kelayakan dan efektivitasnya setelah diuji coba dalam pembelajaran IPAS. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup lima tahapan, yakmi Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Setiap tahap dilalui secara sistematis untuk menghasilkan produk yang valid dan efektif. Teknik pengumpulan data meliputi angket validasi, observasi, wawancara, dokumentasi, serta pretest dan posttest.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pengembangan dilakukan melalui tahapan ADDIE secara sistematis, menghasilkan alat evaluasi berbasis game edukasi yang menyenangkan dan valid sebagai instrumen penilaian. Revisi dilakukan berdasarkan masukan ahli untuk menyempurnakan desain dan fitur. (2) Hasil validasi menunjukkan skor rata-rata kelayakan sebesar 90,13% (kategori sangat layak). Evaluasi memenuhi kriteria isi, visual, interaktivitas, dan kemudahan penggunaan. Respon siswa juga sangat positif, dengan 82,5% menyatakan media sangat baik. (3) Alat evaluasi terbukti efektif meningkatkan prestasi belajar siswa, ditunjukkan oleh peningkatan skor dari 43,67 (pretest) menjadi 91,00 (posttest), nilai signifikansi 0,001 < 0,05, serta N-Gain sebesar 84,69% (kategori tinggi). Elemen interaktif dalam alat evaluasi membantu siswa memahami materi dengan cara yang menarik dan tidak membosankan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Qudsiyah Nurul Mahmudah
Date Deposited: 20 Jun 2025 02:58
Last Modified: 20 Jun 2025 02:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43322

Actions (login required)

View Item View Item