Aktualisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Sekolah Menengah Atas Negeri 04 Jember

Safitri, Hany (2025) Aktualisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Sekolah Menengah Atas Negeri 04 Jember. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
HANY SAFITRI WATERMARK.pdf

Download (6MB)
[img] Text
HANY SAFITRI WATERMARK.pdf

Download (6MB)
[img] Text
HANY SAFITRI WATERMARK.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena terbentuknya generasi strawberry dan naiknya prosentase sikap intoleransi yang meningkat di kalangan anak SMA. Paham intoleransi yang dengan mudahnya mempengaruhi generasi bangsa melalui pendidikan formal menjadi isu yang menarik untuk diteliti dan penting untuk segera dicari solusinya. Serta memastikan bahwa pendidikan di Indonesia tidak hanya fokus pada sisi kognitif namun juga berupaya untuk mendidik sisi afektif siswa yaitu melalui progam kegiatan P5. Sisi afektif yang dididik dengan nilai-nilai luhur Pancasila dan nilai-nilai dasar Islam yang damai dapat mengurangi sikap intoleransi dan menanamkan prinsip-prinsip moderasi beragama dalam diri peserta didik.
Penelitian ini berfokus untuk menganalisis: 1) Aktualisasi Nilai Moderasi Beragama Seimbang (Tawazun) dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMAN 04 Jember; 2) Bagaimana Aktualisasi Nilai Moderasi Beragama Egaliter (Musawwah) dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMAN 04 Jember; 3) Bagaimana Aktualisasi Nilai Moderasi Beragama Toleransi (Tasammuh) dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMAN 04 Jember; 4) Bagaimana Aktualisasi Nilai Moderasi Beragama Dinamis dan Inovatif (Tatawwur wa Ibtikar) dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMAN 04 Jember. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan melalui triangulasi teknik, sumber dan member check.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) nilai tawazun diimplemetasikan melalui keseimbangan ekologis serta keseimbangan operasional; 2) Nilai musawwah tercermin dalam upaya pembauran sosial dan penghapusan sekat kelompok berdasarkan latar belakang akademik maupun ekonomi, yang difasilitasi melalui sistem rotasi kelompok dalam kegiatan P5; 3) Nilai tasammuh terwujud melalui penghargaan terhadap perbedaan dalam praktik kehidupan sehari-hari di sekolah, seperti toleransi waktu ibadah, pantangan makanan, dan keterbukaan diskusi; 4)nilai tathawwur wa ibtikar terbangun kuat melalui penciptaan karya reyasa teknologi yang responsif terhadap isu lingkungan, sehingga mendorong siswa untuk berpikir kritis, kreatif dan solutif dalam menghadapi tantangan zaman.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Moderasi Beragama, P5, Moderasi
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Hany Safitri
Date Deposited: 20 Jun 2025 06:04
Last Modified: 20 Jun 2025 06:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43341

Actions (login required)

View Item View Item