Pengembangan E-LKPD TopWorksheet Berbasis Game Edukasi Gamilab pada Materi Pengukuran Sudut untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDIT Ar-Rahmah Yosowilangun-Lumajang

Rohmah, Indah Ainur (2025) Pengembangan E-LKPD TopWorksheet Berbasis Game Edukasi Gamilab pada Materi Pengukuran Sudut untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDIT Ar-Rahmah Yosowilangun-Lumajang. Masters thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
PENGEMBANGAN E-LKPD TOPWORKSHEET BERBASIS GAME EDUKASI GAMILAB.pdf

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK
Indah Ainur Rohmah, 2025 “Pengembangan E-LKPD TopWorksheet Berbasis Game Edukasi Gamilab pada Materi Pengukuran Sudut untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDIT Ar-Rahmah Yosowilangun-Lumajang.”
Kata Kunci: E-LKPD, TopWorksheet, Gamilab, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.
Latar belakang penelitian ini berawal dari rendahnya motivasi dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika, dimana penggunaan media dan bahan ajar yang kurang menarik perhatian dan minat peserta didik dalam belajar. Sehingga peserta didik kurang semangat dan cenderung merasa kesulitan dalam pembelajaran.
Rumusan masalah dalam pengembangan E-LKPD ini adalah (1) Bagaimana proses pengembangan E-LKPD TopWorksheet berbasis game edukasi Gamilab pada materi pengukuran sudut untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas V?. (2) Bagaimana analisis hasil uji kevalidan, kepraktisan, dan efektivitas E-LKPD TopWorksheet berbasis game edukasi Gamilab pada pengukuran sudut untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas V?
Tujuan dari pengembangan E-LKPD ini adalah (1) Mendeskripsikan proses pengembangan E-LKPD TopWorksheet berbasis game edukasi Gamilab pada materi pengukuran sudut untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas V. (2) Menganalisis hasil uji kelayakan, kepraktisan, dan efektivitas E-LKPD TopWorksheet berbasis game edukasi Gamilab pada materi pengukuran sudut untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas V.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, Pre-test dan Post-test, serta dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari 6 peserta didik untuk skala kecil, 20 peserta didik untuk skala besar, dan guru. Sedangkan untuk teknik analisis data dilakukan melalui penyebaran angket dan tes kemudian dianalisis dengan teknik persentase untuk kevalidan dan kepraktisan, serta uji N-Gain, Wilcoxon, dan uji-t untuk mengukur efektivitas terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik.
Hasil dari penelitian ini berupa; 1) Proses pengembangan E-LKPD menggunakan model ADDIE, dimulai dengan analisis kebutuhan, target, dan kurikulum. Desain produk disusun sesuai alur pembelajaran, kurikulum, dan fitur interaktif Gamilab. Produk kemudian dikembangkan melalui platform TopWorksheet dan diintegrasikan dengan game edukasi. Implementasi dilakukan melalui uji coba skala kecil dan besar, dan dievaluasi untuk memperoleh revisi dan penyempurnaan. 2) Hasil kevalidan menunjukkan bahwa validitas produk mencapai rata-rata 86%, yang termasuk dalam kategori sangat valid. Dari hasil kepraktisan produk mencapai rata-rata 87%, yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Dari hasil efektivitas menunjukkan bahwa uji Wilcoxon pada nilai Asymp Sig. (2 tailed) sebesar 0,001 < 0,05 artinya ada perbedaan motivasi sebelum dan sesudah menggunakan E-LKPD dan peningkatan motivasi sebesar (rata-rata N-Gain = 66,93% ) artinya E-LKPD cukup efektif dalam meningkatkan motivasi belajar. Serta hasil uji T pada pre-test dan post-test menunjukkan nilai t hitung 13,316 lebih besar dari t tabel 2,093 artinya ada perbedaan antara pre-test dan post-test, dan peningkatkan hasil belajar sebesar (rata-rata N-Gain = 66,74%) artinya E-LKPD cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Hal ini membuktikan bahwa media yang dikembangkan peneliti cukup efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Ainur Rohmah
Date Deposited: 20 Jun 2025 06:32
Last Modified: 20 Jun 2025 06:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43344

Actions (login required)

View Item View Item