Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik Elektronik (E-LKPD) Interaktif Berbasis PhET Simulation Materi Kalor di SMP Negeri 2 Ajung

Hoiroh, Hanifatul (2025) Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik Elektronik (E-LKPD) Interaktif Berbasis PhET Simulation Materi Kalor di SMP Negeri 2 Ajung. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
HANIFATUL HOIROH_202101100030.pdf

Download (10MB)

Abstract

Kata Kunci: Pengembangan E-LKPD Interaktif, PhET Simulation, Kalor

Penelitian ini mengembangkan suatu produk berupa media ajar yang dapat membantu peserta didik dalam menunjang pembelajaran Kalor tingkat SMP/MTs. Produk yang dikembangkan berupa E-LKPD. E-LKPD adalah bentuk panduan kerja kegiatan pembelajaran berbasis elektronik guna mempermudah peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Produk E-LKPD dikembangkan dengan interaktif dan memuat simulasi virtual menggunakan PhET Simulation. Pemanfaatan PhET Simulation bertujuan untuk membuat peserta didik dapat melakukan eksperimen baru yang belum bisa dilakukan di laboratorium nyata. pengembangan E-LKPD ini diharapkan dapat menjadi media ajar tambahan untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Media ajar interaktif bertujuan untuk menjadi pelengkap dan mendampingi modul ajar sehingga dapat mengoptimalkan kegiatan pembelajaran bagi peserta didik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Bagaimana validitas elektronik lembar kerja peserta didik (E-LKPD) interaktif berbasis PhET Simulation materi Kalor SMP. (2) Bagaimana respons peserta didik terhadap elektronik lembar kerja peserta didik (E-LKPD) interaktif berbasis PhET Simulation materi Kalor SMP. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan validitas elektronik lembar kerja peserta didik (E-LKPD) interaktif berbasis PhET Simulation materi Kalor SMP. (2) Mendeskripsikan respons peserta didik terhadap elektronik lembar kerja peserta didik (E-LKPD) interaktif berbasis PhET Simulation materi Kalor SMP.
Jenis penelitian yang digunakan yakni menggunakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan PPE (Planning, Production, and Evaluation) oleh Richey dan Klein, validasi E-LKPD dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli praktisi. Setelah melalui tahap validasi dan juga revisi, kemudian dilakukan uji coba lapangan untuk mengetahui respons peserta didik. Subjek uji respons peserta didik skala kecil dilakukan terhadap 6 peserta didik dan subjek uji respons skala besar terhadap 28 peserta didik.
Hasil penelitian yang telah dilakukan, didapatkan persentase rata-rata pada (1) validasi ahli materi memperoleh nilai sebesar 96% dengan kategori “Sangat Valid”, ahli media sebesar 93% dengan katogori “Sangat Valid”, dan ahli praktisi memperoleh nilai 97% dengan kategori “Sangat Valid”. (2) hasil uji respons peserta didik dalam skala kecil total perolehan nilai sebesar 93% dengan kategori “Sangat menarik”, kemudian dalam skala besar total perolehan nilai sebesar 94,28% dengan kategori “Sangat Menarik”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media E-LKPD interaktif layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms Hanifatul Hoiroh
Date Deposited: 20 Jun 2025 06:41
Last Modified: 20 Jun 2025 06:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43359

Actions (login required)

View Item View Item