Mustika Novi, Astuti (2025) Perkembangan Media Sosial TikTok di Indonesia Tahun 2018-2024. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Mustika Novi Astuti_204104040040.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Skripsi yang meneliti tentang perkembangan media sosial TikTok di Indonesia selama periode tahun 2018 hingga tahun 2024 dengan fokus aspek yang mempengaruhi perkembangan serta popularitas platform pada kalangan pengguna. Media sosial TikTok telah diluncurkan oleh secara global pada tahun 2016 mengalami lonjakan pengguna TikTok yang sangat signifikan. Menjadikan salah satu media sosial yang paling populer di Indonesia terkhusus pada generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan TikTok dimulai pada saat masuknya di Indonesia serta untuk mengeksplorasi faktor yang negara berkontribusi terhadap keberhasilan TikTok dan trend yang muncul dan strategi pemasaran yang diterapkan oleh platform TikTok dan juga pengguna individu.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian sejarah. Mengumpulkan data dilakukan melalui pemilihan topik, heuristik, kritik sumber,
interpretasi dan historiografi dengan menggunakan metode sosiologi, penelitian ini akan memberikan pemahaman yang mendalam tentang perkembangan TikTok di Indonesia Tahun 2018-2024 bahwa TikTok tidak hanya sebagai media hiburan tetapi juga berperan untuk membentuk trend budaya baru serta interaksi sosial pada generasi muda dengan
minat yang sama.
Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan berhasilnya TikTok dipengaruhi oleh
karakteristik konten yang unik oleh platform. Contohnya seperti algoritma yang menjangkau konten dengan audiens yang lebih luas. Serta kemampuan dari pengguna untuk berpartisipasi dalam tantangan dan trend yang viral.
Penelitian ini diharapkan memberikan wawasan yang lebih dalam mengenai dinamika media sosial di Indonesia serta implikasi bagi pemasar dan peneliti yang ingin memahami
fenomena digital yang terus berkembang. Dengan demikian skripsi ini berharap bisa berkontribusi pada kajian media sosial serta komunikasi pada era digital.
Kata Kunci : Perkembangan, Media Sosial, TikTok
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2202 History and Philosophy of Specific Fields > 220207 History and Philosophy of the Humanities |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam |
Depositing User: | Mustika Novi Astuti |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 02:24 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 02:24 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43372 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |