Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Dengan Pendekatan STEM Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Ekosistem di MA Ma'Arif Ambulu Tahun Ajaran 2024/2025

Martina Anggraeni, Mita (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Dengan Pendekatan STEM Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Ekosistem di MA Ma'Arif Ambulu Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mita Martina Anggraeni_212101080009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Tingkat penguasaan konsep siswa kelas X di MA Ma‘Arif Ambulu masih
berada pada kategori rendah. Pernyataan ini berdasarkan hasil wawancara dengan
guru biologi kelas X serta hasil analisis nilai siswa. Aktivitas belajar yang masih
memanfaatkan model pembelajaran yang pasif dipercaya menjadi penyebab
rendahnya penguasaan konsep siswa pada materi ekosistem. Model pembelajaran
Project Based Learning (PjBL) dapat dijadikan sebagai sebuah solusi dengan
menyediakan kegiatan belajar siswa yang aktif, kolaboratif, mengatasi masalah,
dan terstruktur. Kombinasi antara Project Based Learning (PjBL) dengan
pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, dan Mathematics) diyakini
mampu menciptakan kegiatan belajar menjadi lebih optimal.
Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dari
penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan
pendekatan STEM terhadap Penguasaan Konsep Siswa pada materi Ekosistem di
MA Ma‘Arif Ambulu tahun ajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi
eksperiment yang dilakukan di MA Ma‘Arif Ambulu. Adapun desain penelitian
yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian
meliputi seluruh siswa kelas X yang berjumlah 90 siswa. Teknik sampling yang
digunakan yakni Cluster Random Sampling dengan sampel penelitian berasal dari
dua kelas yang berjumlah 58 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes
subjektif dan dokumentasi. Sedangkan teknik untuk analisis data menggunakan uji
normalitas sebagai uji prasayarat kemudian dilanjutkan dengan menguji hipotesis
menggunakan statistik non-parametrik yaitu dengan uji Mann-Whitney.
Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model
pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan STEM terhadap
penguasaan konsep siswa. Hal ini dibuktikan dengan perbedaan rata-rata nilai
kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu sebesar 85,38 dan 80,31. Serta
berdasarkan hasil uji statistik Mann Whitney dengan nilai sig sebesar 0,014,
dimana nilai 0,014 < 0,05 yang menunjukkan bahwa Project Based Learning
(PjBL) dengan pendekatan STEM benar-benar berpengaruh terhadap penguasaan
konsep siswa pada materi Ekosistem di MA Ma‘Arif Ambulu Tahun Ajaran
2024/2025.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Pendekatan
STEM, Penguasaan Konsep Siswa, Ekosistem

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0501 Ecological Applications > 050102 Ecosystem Function
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Mita Martina Anggraeni
Date Deposited: 23 Jun 2025 06:19
Last Modified: 23 Jun 2025 06:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43468

Actions (login required)

View Item View Item