Strategi Komunikasi Fakultas Dakwah dalam Memelihara Sarana dan Prasarana untuk Meningkatkan Kepuasan Pengguna Layanan di Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Aghata, Exist Ferinda (2025) Strategi Komunikasi Fakultas Dakwah dalam Memelihara Sarana dan Prasarana untuk Meningkatkan Kepuasan Pengguna Layanan di Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Skripsi Exist Ferinda Aghata.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Mahasiswa dan dosen merupakan pengguna layanan sarana dan prasarana di Fakultas Dakwah, agar kegiatan perkuliahan berjalan dengan baik maka harus ditopang dengan fasilitas belajar yang memadai. Namun hal tersebut tidaklah cukup jika hanya mengandalkan sarana dan prasarana yang memadai saja, tetapi juga perlu adanya pemeliharaan terhadap sarana dan prasarana agar memiliki nilai guna dan daya yang baik. Banyak ditemukan keyataan dilapangan bahwa di Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember masih kurang dalam memelihara sarana dan prasarana yang dimilikinya, sehingga menyebabkan sarana dan prasarana tersebut rusak dan tidak dapat digunakan sesuai dengan fungsinya lagi. Oleh karena itu, pemeliharaan sarana dan prasarana menjadi hal yang sangat penting dalam menciptakan kepuasan pengguna layanan, baik mahasiswa, dosen, maupun tenaga kependidikan.
Fokus utama dalam penelitian adalah Bagaimana strategi komunikasi yang diterapkan oleh Fakultas Dakwah dalam pemeliharaan sarana dan prasarana dan Bagaimana implementasi strategi komunikasi pemeliharaan sarana dan prasarana di Fakultas Dakwah berdampak pada peningkatan kualitas layanan dan kepuasan pengguna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis naratif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Miles Huberman terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Informan penelitian terdiri dari pengelola sarana dan prasarana, staf Fakultas, serta mahasiswa pengguna layanan.
Hasil Penelitian ini menunjukan strategi komunikasi pemeliharaan sarana dan prasarana di Fakultas Dakwah yang melibatkan dua komponen utama, yaitu organisasi dan publik yang berperan dalam koordinasi membahas kebutuhan sarpras, pengadaan, dan alokasi anggaran. Namun hal ini ternyata tidak cukup membuktikan keberhasilan, karena banyak pengguna layanan merasa belum puas dengan kondisi yang ada di Fakultas, banyaknya hambatan yang dialami pengguna selama kegiatan perkuliahan berlangsung. Seperti proyektor error, papan tulis kotor, dan lambatnya respons terhadap permintaan perbaikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160799 Social Work not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Exist Ferinda Aghata
Date Deposited: 23 Jun 2025 07:28
Last Modified: 23 Jun 2025 07:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43519

Actions (login required)

View Item View Item