Rouf, M. Hidayatur (2025) PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN MENGGUNAKAN METODE BELAJAR BACA TULIS QUR’AN (BITTUQO) DI PONDOK PESANTREN BALAI PENDIDIKAN UTAMA ISLAM MINHAJUT THULLAB GLENMORE BANYUWANGI TAHUN 2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
SKRIPSI ROUF -.pdf Download (5MB) |
Abstract
M. Hidayatur Ro’uf, 2025: Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Menggunakan Metode Belajar Baca Tulis Qur’an (Bittuqo) di Pondok Pesantren Balai Pendidikan Utama Islam Minhajut Thullab Glenmore Banyuwangi Tahun 2025.
Kata Kunci: Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an, Metode Belajar Baca Tulis Qur’an (Bittuqo).
Konteks penelitian ini dilatar belakangi oleh menariknya metode belajar baca tulis Qur’an (Bittuqo) sebagai metode cepat baca tulis Al-Qur’an (BTQ). Metode ini bertujuan agar para santri dapat membaca dan menulis Al-Qur’an dalam kurun waktu yang lebih singkat. Metode ini sangat menarik karena pembelajarannya menggabungkan kemampuan baca dan tulis dalam satu jilidnya. Materinya juga dilengkapi dengan contoh-contoh huruf hijaiyah, tabel petunjuk serta lagu-lagu. Metode belajar baca tulis Qur’an (Bittuqo) diterapkan sebagai upaya membantu santri menguasai berbagai aspek penting seperti membaca, memahami tajwid, memahami ghorib dan menulis al-Qur`an. Sehingga, Pondok Pesantren Balai Pendidikan Utama Islam Minhajut Thullab Glenmore dapat menciptakan output santri yang mampu membaca dan menulis Al-Qur’an dengan baik dan benar.
Fokus Penelitian: 1) Bagaimana pembelajaran baca Al-Qur’an menggunakan metode belajar baca tulis Qur’an (Bittuqo) di Pondok Pesantren Balai Pendidikan Utama Islam Minhajut Thullab Glenmore Banyuwangi Tahun 2025? 2) Bagaimana pembelajaran tulis Al-Qur’an menggunakan metode belajar baca tulis Qur’an (Bittuqo) di Pondok Pesanten Balai Pendidikan Utama Islam Minhajut Thullab Glenmore Banyuwangi Tahun 2025?
Tujuan Penelitian: 1) Mendeskripsikan pembelajaran baca Al-Qur’an menggunakan metode belajar baca tulis Qur’an (Bittuqo) di pondok pesantren Minhajut Thullab Glenmore Banyuwangi Tahun 2025. 2) Mendeskripsikan pembelajaran tulis Al-Qur’an menggunakan metode belajar baca tulis Qur’an (Bittuqo) di pondok pesantren Minhajut Thullab Glenmore Banyuwangi Tahun 2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian dengan bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian: 1) Pembelajaran baca Al-Qur’an menggunakan metode belajar baca tulis Qur’an (Bittuqo) yang terdapat 6 jilid, dalam langkah-langkah pengajarannya terdapat kegiatan pendahuluan, kegiatan inti serta kegiatan penutup dan materi yang disampaikan dengan cara klasikal baca simak, klasikal individual, serta Individual total. 2) Pembelajaran tulis Al-Qur’an menggunakan metode belajar baca tulis Qur’an (Bittuqo) materi tulis yang diajarkan dimulai dari jilid 1 sampai 4, pembelajaran tulis disampaikan dengan cara guru menjelaskan dan memberikan contoh penulisan huruf yang benar dan indah, imlak dan itba’. Kemudian guru memberikan koreksi dan nilai terhadap tulisan santri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | M. Hidayatur Rouf |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 01:39 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 01:39 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43571 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |