Pengaruh program interaktif Geogebra terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi grafik persamaan garis lurus

Farihah, Umi (2015) Pengaruh program interaktif Geogebra terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi grafik persamaan garis lurus. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika (JP2M), 1 (1). pp. 11-23. ISSN 2460-7800

[img]
Preview
Text
Pengaruh program interaktif Geogebra terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi grafik persamaan garis lurus.pdf - Published Version

Download (397kB) | Preview
Official URL: http://www.jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program interaktif Geogebra terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi grafik persamaan garis lurus di kelas VIII MTsN Kampak Trenggalek. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen kuasi dengan jumlah siswa kelas eksperimen dan kontrol masing-masing 32 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan pretes, postes dan angket motivasi belajar. Analisis data yang digunakan adalah uji z. Hasil analisis data dengan uji z pada taraf kepercayaan 95% menunjukkan bahwa: (1) motivasi belajar siswa yang menggunakan program interaktif Geogebra lebih tinggi dibandingkan siswa yang tidak menggunakan Geogebra (2) hasil belajar siswa yang menggunakan program interaktif Geogebra lebih baik dibandingkan siswa yang tidak menggunakan Geogebra. Hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa yang menggunakan program interaktif Geogebra lebih tinggi daripada siswa yang tidak menggunakan Geogebra. Jadi Geogebra dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Geogebra, Motivasi, Hasil Belajar, Grafik Persamaan Garis Lurus
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010102 Algebraic and Differential Geometry
Depositing User: Haryono Raiman
Date Deposited: 22 Jul 2019 05:03
Last Modified: 11 Sep 2019 05:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/436

Actions (login required)

View Item View Item