Mukhlisoh, Dohriyatul (2022) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Program Tambahan Menghafal Al-Qur'an Di Madrasah Tsanawiyah Al-Kawtsar Desa Sumbersari Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun 2021. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Dohriyatul Mukhlisoh_T20151039.pdf Download (2MB) |
Abstract
Dohriyatul Mukhlisoh, 2021: “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Program Tambahan Menghafal Al-Qur’an di MTs Al-Kawtsar Desa Sumbersari Kecamatan Panti kabupaten Jember Tahun 2021”.
Kata Kunci: Peran Guru PAI, Program Tambahan Menghafal Al-Qur’an.
MTs Al-Kawtsar menerapkan sebuah program tambahan yaitu program menghafal Al-Qur’an. Program yang sudah berjalan mulai tahun 2012 sampai sekarang, merupakan program murni dari sekolah dimana siswa diminta untuk menghafal bacaan-bacaan yang telah tentukan dan wajib diikuti oleh seluruh siswa MTs khususnya siswa yang duduk di kelas sembilan
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Pendidik Dalam Program Tambahan Menghafal Al-Qur’an di MTs Al-Kawtsar Panti Jember Tahun 2021?; 2) Bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai motivator Dalam Program Tambahan Menghafal Al-Qur’an di MTs Al-Kawtsar Panti Jember Tahun 2021?; 3) Bagaiamana Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Fasilitator Dalam Program Tambahan Menghafal Al-Qur’an di MTs Al-Kawtsar Panti Jember Tahun 2021?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Pendidik Dalam Program Tambahan Menghafal Al-Qur’an di MTs Al-Kawtsar Panti Jember Tahun 2021; 2) Untuk mendeskripsikan Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai motivator Dalam Program Tambahan Menghafal Al-Qur’an di MTs Al-Kawtsar Panti Jember Tahun 2021; 3) Untuk Mendeskripsikan Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Fasilitator Dalam Program Tambahan Menghafal Al-Qur’an di MTs Al-Kawtsar Panti Jember Tahun 2021.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptidan pemilihan subyek secara purposive. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan bersumber dari model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana yaitu melalui pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1). Guru sebagai pendidik fokus memberikan kegiatan program tambahan menghafal Al-Qur’an untuk siswa dan warga sekolah antara lain seperti membaca surat-surat penek yasin Asmaul Husna, Al-Waqiah, Tahlil dan Isigosah. Kegiatan ini bertujuan agar hati, pikiran dan kegiatan pada saat di sekolah terus dan terbiasa dilakukan seimbang untuk berperilaku terpuji dan bisa dibawa ke masyarakat bahwa kami mampu menghafal Al-Qur’an dengan baik dan benar,. 2). Motivasi yang disampaikan guru kepada siswa antara lain, terbentuknya siswa menjadi insan yang berilmu, bertakwa dan berakhlakul karimah. Sekolah di sana tidak ingin siswanya hanya lulus dengan ilmu pengetahuan saja tetapi juga dengan ilmu-ilmu agama, harapan terbesarnya siswa paham tentang hafal bacaan Al-Qur’an dan menjadi sebuah bekal ketika mereka sudah terjun ke masyarakat. 3). Guru menfasilitasi siswanya dengan memberikan buku setoran hafalan siswa sehingga mendorong siswa lebih percaya diri dalam meningkatkan prestasi belajarnya dan dapat merubah sikap siswa yang tergolong tertutup menjadi lebih terbuka dengan teman-temannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dohriyatul Mukhlisoh |
Date Deposited: | 10 Feb 2022 07:06 |
Last Modified: | 10 Feb 2022 07:06 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4362 |
Actions (login required)
View Item |