PENGARUH PENERAPAN ETIKA PEMASARAN ISLAM, KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI BANK JATIM SYARIAH KC JEMBER

Maulid Diana, Nur Laily (2025) PENGARUH PENERAPAN ETIKA PEMASARAN ISLAM, KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI BANK JATIM SYARIAH KC JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
SKRIPSI DIANA.pdf

Download (6MB)

Abstract

Nur Laily Maulid Diana, Siti Indah Purwaning Yuwana, 2025: Pengaruh Etika Pemasaran Islam, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah di Bank Jatim Syariah KC Jember.

Kata Kunci: Etika Pemasaran Islam, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Kepuasan Nasabah

Etika pemasaran islam mengedepankan prinsip kejujuran, keadilan, dan transparansi dalam menawarkan produk. Kualitas pelayanan mencakup keandalan, daya tanggap, jaminan, bukti fisik, dan empati. Sedangkan kepercayaan berkaitan dengan keyakinan nasabah terhadap layanan bank.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah pengaruh etika pemasaran islam terhadap kepuasan nasabah di Bank Jatim Syariah KC Jember? 2) Apakah pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah di Bank Jatim Syariah KC Jember? 3) Apakah pengaruh kepercayaan nasabah terhadap kepuasan nasabah di Bank Jatim Syariah KC Jember? 4) Apakah pengaruh etika pemasaran islam, kualitas pelayanan, atau kepercayaan terhadap kepuasan nasabah di Bank Jatim Syariah KC Jember?
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui pengaruh etika pemasaran Islam terhadap kepuasan nasabah di Bank Jatim Syariah KC Jember. 2) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah di Bank Jatim Syariah KC Jember. 3) Untuk mengetahui pengaruh kepercayaan nasabah terhadap kepuasan nasabah di Bank Jatim Syariah KC Jember. 4) Untuk mengetahui pengaruh etika pemasaran islam, kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap kepuasan nasabah di Bank Jatim Syariah KC Jember.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner. Jumlah sampel sebanyak 100 responden menggunakan cara yang dirumuskan oleh slovin. Analisis data yang digunakan adalah uji instrumen data, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hasil uji T parsial thitung 4,140 > ttabel 1,985 dan signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga etika pemasaran Islam berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank Jatim Syariah Jember. 2) Hasil uji T parsial menunjukkan thitung 5,882 > ttabel 1,985 dan signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank Jatim Syariah Jember. 3) Hasil uji T parsial menunjukkan thitung 2,716 > ttabel 1,985 dan signifikansi 0,008 < 0,05, sehingga kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank Jatim Syariah Jember. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R²) sebesar 0,716, artinya etika pemasaran Islam, kualitas pelayanan, dan kepercayaan mempengaruhi kepuasan nasabah sebesar 71,6%, sisanya 28,4% dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Nur Laily Maulid Diana
Date Deposited: 24 Jun 2025 04:27
Last Modified: 24 Jun 2025 04:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43654

Actions (login required)

View Item View Item