STRATEGI PEMASARAN PEMBUKAAN DIGITAL SAVING DALAM APLIKASI BRIMO UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PADA BANK BRI KC JEMBER

Ummah, Faizatul (2025) STRATEGI PEMASARAN PEMBUKAAN DIGITAL SAVING DALAM APLIKASI BRIMO UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PADA BANK BRI KC JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
SKRIPSI_IZAaaa 2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Faizatul Ummah, 2025: Strategi Pemasaran Pembukaan Digital Saving Dalam Aplikasi BRImo Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada Bank BRI KC Jember.

Kata Kunci: Strategi pemasaran, Digital saving, BRImo, Nasabah.

Digital saving merupakan merupakan layanan transaksi perbankan yang dapat dilakukan melalui media elektronik dengan adanya jaringan internet. Layanan digital saving adalah layanan perbankan yang diperkenalkan oleh BRI, yang memungkinkan nasabah untuk membuka rekening tabungan secara online tanpa perlu mengunjungi kantor cabang BRI. Dengan demikian, nasabah dapat melakukan registrasi secara mandiri melalui web BRI kapan saja dan di mana saja.
Fokus penelitian ini meliputi: 1) Bagaiamana strategi pemasaran pembukaan digital saving dalam aplikasi BRImo upaya meningkatkan jumlah nasabah pada Bank BRI KC Jember? 2) Kendala pembukaan digital saving dalam aplikasi BRImo upaya meningkatkan jumlah nasabah pada Bank BRI KC Jember?
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan strategi pemasaran pembukaan digital saving dalam aplikasi BRImo upaya meningkatkan jumlah nasabah pada Bank BRI KC Jember, 2) Mendeskripsikan kendala pembukaan digital saving dalam aplikasi BRImo upaya meningkatkan jumlah nasabah pada Bank BRI KC Jember.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ditentukan melalui purposive sampling, dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk memastikan keabsahan data, digunakan teknik triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Strategi yang digunakan oleh Bank BRI KC Jember adalah dengan melakukan interaksi langsung kepada nasabah. strategi pemasaran pembukaan digital saving dalam aplikasi BRImo upaya meningkatkan jumlah nasabah pada Bank BRI KC Jember dilakukan dengan menerapkan segmentasi pasar, targeting, positioning, dan bauran pemasaran yang meliputi 4P produk (product), harga (price), tempat (place), dan promosi (promotion). 2) Kendala pembukaan digital saving dibagi menjadi dua faktor, faktor intenal dan faktor eksternal. Yang dimaksud faktor internal adalah data nasabah yang tidak sesuai, Nomor KTP nasabah yang tidak terdaftar dalam dispendukcapil. Kendala dari faktor eksternal seperti Hp nasabah yang tidak support, jaringan yang kurang mendukung sehingga membuat proses pembukaan digital saving terhambat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: FAIZATUL UMMAH
Date Deposited: 24 Jun 2025 04:32
Last Modified: 24 Jun 2025 04:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43657

Actions (login required)

View Item View Item