Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Pembelajaran Powerpoint Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Dan Hasil Belajar Berpikir Tingkat Tinggi Mata Pelajaran PAI Dan BP Di SMPN 1 Mangaran Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2024/2025

Fathiyah, Intan Azka (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Pembelajaran Powerpoint Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Dan Hasil Belajar Berpikir Tingkat Tinggi Mata Pelajaran PAI Dan BP Di SMPN 1 Mangaran Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2024/2025. Masters thesis, UIN Khas Jember.

[img] Text
TESIS INTAN WATERMARK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Intan Azka Fathiyah, 2025: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Pembelajaran PowerPoint Terhadap Minat Belajar Peserta Didik dan Hasil Belajar Berpikir Tingkat Tinggi Mata Pelajaran PAI dan BP di SMPN 1 Mangaran Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2024/2025. Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. H. Moh. Sahlan, M.Ag. Pembimbing II: Dr. Lailatul Usriyah, M.Pd.I
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share (TPS), Media Pembelajaran Powerpoint, Minat Belajar, Hasil Belajar Berpikir Tingkat Tinggi, Mata Pelajaran PAI dan BP.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya penerapan model dan media pembelajaran di SMPN 1 Mangaran. Kurikulum Merdeka menuntut inovasi pembelajaran, namun masih banyak guru belum memanfaatkannya secara maksimal. Oleh karena itu, peneliti menawarkan model Think Pair Share (TPS) berbantuan media PowerPoint untuk meningkatkan minat dan hasil belajar berpikir tingkat tinggi peserta didik
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris variabel-variabel dalam penelitian yang telah dirumuskan dalam pertanyaan penelitian, yaitu: 1) Apakah trdapat perbedaan minat belajar (Y1) peserta didik yang mengikuti pembelajaran model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan media pembelajaran PowerPoint (X) dan yang mengikuti pembelajaran konvensional, (2) Apakah trdapat perbedaan hasil belajar berpikir tingkat tinggi (Y2) peserta didik yang mengikuti pembelajaran model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan media pembelajaran PowerPoint (X) dan yang mengikuti pembelajaran konvensional, (3) Apakah Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan media pembelajaran PowerPoint (X) berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar peserta didik (Y1) dan hasil belajar berpikir tingkat tinggi (Y2).
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperimental. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMPN 1 Mangaran yang berjumlah 128 yang mana masing-masing kelas terdiri dari 32 peserta didik. Pengambilan sampel pada penelitian ini ditentukan dengan Teknik Purposive Sampling (sampel dipilih dengan pertimbangan tertentu).
Kesimpulan pada penelitian ini adalah (1) Terdapat perbedaan minat belajar siswa yang mengikuti pembelajaran model kooperatif TPS berbantuan Powerpoint yang yang mengikuti pembelajaran konvensional. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar berpikir tingkat tinggi yang mengikuti pembelajaran model kooperatif TPS berbantuan Powerpoint yang yang mengikuti pembelajaran konvensional. (3) Model pembelajaran kooperatif TPS berbantuan PowerPoint berpengaruh secara signifikan terhadap minat dan hasil belajar berpikir tingkat tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Intan Azka Fathiyah
Date Deposited: 24 Jun 2025 07:15
Last Modified: 24 Jun 2025 07:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43702

Actions (login required)

View Item View Item