Afkarina, Izha (2025) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK MEGA SYARIAH KCP JEMBER DENGAN CITRA PERBANKAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.
![]() |
Text
SKRIPSI Izha Afkarina WATERMARK.pdf Download (18MB) |
Abstract
Izha Afkarina, 2025: Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Nasabah Bank Mega Syariah KCP Jember dengan Citra Perbankan sebagai Variabel Moderasi.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Loyalitas Nasabah, Citra Perbankan.
Loyalitas nasabah menjadi tujuan dari setiap perusahaan terutama perbankan syariah. Loyalitas nasabah tidak hanya menjadi indikator keberhasilan layanan jangka panjang, tetapi juga menjadi aset penting membangun keberlanjutan usaha. Pada perbankan syariah salah satunya Bank Mega Syariah KCP Jember, loyalitas nasabah diperlukan untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat. Kualitas pelayanan dan kualitas produk menjadi faktor penting dalam meningkatkan loyalitas nasabah, serta adanya citra perbankan dapat memoderasi pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap loyalitas nasabah.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. 2) Apakah kualitas produk berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. 3) Apakah citra perbankan mampu memoderasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah. 4) Apakah citra perbankan mampu memoderasi pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas nasabah.
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah, 2) Untuk mengetahui apakah kualitas produk berpengaruh terhadap loyalitas nasabah, 3) Untuk mengetahui apakah citra perbankan mampu memoderasi pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah, 4) Untuk mengetahui apakah citra perbankan mampu memoderasi pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas nasabah.
Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif asosiatif, dengan teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dan didapatkan sampel sebanyak 100 responden. Analisis data menggunakan uji moderated regression analysis (MRA) dengan bantuan software SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah, kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah, citra perbankan mampu memoderasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah, dan citra perbankan tidak mampu memoderasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Mis Izha Afkarina |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 07:53 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 07:53 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43725 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |