Pengaruh Implementasi model Quantum Teaching dalam meningkatkan hasil belajar IPS di SMPN 1 Bantaran tahun pelajaran 2024/2025.

Jannah Maulani, Ma’rifatul (2025) Pengaruh Implementasi model Quantum Teaching dalam meningkatkan hasil belajar IPS di SMPN 1 Bantaran tahun pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ma’rifatul Jannah Maulani_211101090038.pdf

Download (30MB)

Abstract

Ma’rifatul Jannah Maulani, 2025: Pengaruh Implementasi model Quantum Teaching dalam meningkatkan hasil belajar IPS di SMPN 1 Bantaran tahun pelajaran 2024/2025.
Kata Kunci: model pembelajaran quantum teaching dan hasil belajar.
Salah satu tantangan utama dalam dunia pendidikan saat ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa. Banyak peserta didik yang merasa kurang bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas. Hal ini salah satunya disebabkan oleh kegiatan belajar yang cenderung monoton, di mana metode pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi dan inovatif. Sering kali, proses pembelajaran masih didominasi oleh metode ceramah satu arah, sehingga siswa hanya menjadi pendengar pasif tanpa banyak kesempatan untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Akibatnya, siswa merasa bosan dan kurang tertantang untuk mengembangkan potensi serta kreativitas mereka.
Tujuan dalam penelitian ini adalah mendorong siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran juga membangun suasana belajar yang nyaman, penuh dukungan dan emosional positif siswa merasa aman dan berekspresi saat belajar. lingkungan belajar yang nyaman membuat siswa mengembangkan potensi belajar secara maksimal dan meningkatkan hasil belajar siswa melalui nilai pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe desain pra eksperimental yaitu One Group Pre-test and Post-test. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMPN 1 Bantaran, yang dipilih melalui teknik Simple Random Sampling (CRS). Dari hasil pengacakan, diperoleh kelas VII-A sebagai sampel tunggal yang terdiri dari 28 siswa. Data hasil belajar diperoleh melalui tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 butir soal, yang sebelumnya telah melalui uji validitas, reliabilitas, tingkat kesulitan, daya beda, serta efektivitas pengecoh menggunakan perangkat lunak Anates V4. Teknik analisis data mencakup uji normalitas, uji homogenitas, serta uji Paired Sample t-test dengan memanfaatkan SPSS versi 25 for Windows, guna mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model Quantum Teaching terhadap hasil belajar peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran Quantum Teaching. Dalam analisis data menggunakan uji Paired Sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berada di bawah ambang batas 0,05. Temuan ini mengindikasikan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah diterapkannya model tersebut. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa implementasi model Quantum Teaching berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa, khususnya dalam mata pelajaran IPS di SMPN 1 Bantaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1603 Demography > 160301 Family and Household Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Sis Ma'rifatul Jannah Maulani
Date Deposited: 24 Jun 2025 08:38
Last Modified: 24 Jun 2025 08:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43744

Actions (login required)

View Item View Item