Pratiwi, Elya (2025) Pengembangan Media TUBOPIN (Tutup Botol Pintar) Pada Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Elya Pratiwi_211101040027.pdf Download (12MB) |
Abstract
Elya Pratiwi, 2025: Pengembangan Media TUBOPIN (Tutup Botol Pintar) Pada Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember
Kata Kunci: Media Pembelajaran, TUBOPIN, Pelajaran Matematika
Pemilihan media pembelajaran harus disesuaikan dengan perkembangan zaman dan karateristik peserta didik, agar proses pembelajaran dapat berlangsung dengan efektif dan mencapai hasil yang maksimal. Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan, ditemukan bahwa proses pembelajaran di kelas II terkendala oleh terbatasnya media pembelajaran yang digunakan oleh guru, yang hanya mengandalkan buku dan papan tulis. Hal ini mengakibatkan siswa merasa bosan, mengantuk, dan kesulitan memahami materi matematika, khususnya pada materi bangun datar. Oleh karena itu, diperlukan media yang lebih menarik dan interaktif untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Media pembelajaran TUBOPIN (Tutup Botol Pintar) adalah alat pembelajaran yang terbuat dari triplek dengan ukuran 1m x 80 cm yang dirancang khusus materi bangun datar. Media ini diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami konsep-konsep matematika dengan lebih efektif dan meningkatkan motivasi belajar mereka.
Penelitian ini merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana proses pengembangan media TUBOPIN (Tutup Botol Pintar) pada pembelajaran matematika materi bangun datar kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember? (2) Bagaimana kelayakan media TUBOPIN (Tutup Botol Pintar) pada pembelajaran matematika materi bangun datar kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 jember?
Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui proses pengembangan media TUBOPIN (Tutup Botol Pintar) pada pembelajaran matematika materi bangun datar kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember? (2) Untuk mengetahui kelayakan media TUBOPIN (Tutup Botol Pintar) pada pembelajaran matematika materi bangun datar kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 jember?
Pengembangan media pembelajaran TUBOPIN (Tutup Botol Pintar) menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang mencakup lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket.
Hasil penelitian menunjukkan : (1) Produk yang dikembangkan adalah media TUBOPIN (Tutup Botol Pintar) mata pelajaran matematika untuk kelas II MIN 6 Jember. (2) Rata-rata persentase validasi media TUBOPIN diperoleh dari hasil perhitungan rata-rata tiga validator, yang mencapai nilai 91,72% dan termasuk dalam kategori “Sangat Valid” atau “Sangat Layak” untuk digunakan. Sementara itu, tingkat kelayakan media berdasarkan tanggapan peserta didik diperoleh melalui pengisian angket, dengan hasil persentase sebesar 91,47%, yang masuk dalam kategori “Sangat Baik” untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Elya Pratiwi |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 08:52 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 08:52 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43751 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |