Khansa Balqist, Awalia (2025) Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis ICT (Information and Communication Technology) Pada Pembelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas VIII di MTsN 1 Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Awalia Khansa Balqist_212101090003.pdf Download (30MB) |
Abstract
Awalia Khansa Balqist, 2025 : Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis ICT (Information and Communication Technology) Pada Pembelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas VIII di MTsN 1 Pasuruan
Kata Kunci : Media Pembelajaran, ICT, Hasil Belajar
Hasil belajar merupakan cerminan dari proses pembelajaran yang efektif dan menjadi indikator keberhasilan pendidikan. Namun, kenyataannya, banyak siswa yang belum mencapai standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sehingga berdampak pada rendahnya mutu pendidikan. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang efektif dan menarik. Di era digital saat ini, media pembelajaran berbasis ICT (Information and Communication Technology) menjadi solusi inovatif yang diyakini mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Media ini memanfaatkan teknologi informasi seperti video, presentasi digital, serta perangkat komputer dan gadget untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif. Dengan pemanfaatan media ICT ini diharapkan siswa mampu menyerap materi dengan lebih baik, sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar yang signifikan, khususnya dalam mata pelajaran IPS.
Tujuan penelitian adalah: untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis ICT (Information and Communication Technology) pada pembelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Negeri 1 pasuruan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental. Desain penelitian yang dipakai oleh peneliti adalah Nonequivalent Control Group Design dengan menggunakan pretest dan posttest di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan tes pretest dan posttest. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya beda. Setelah itu, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas sebelum di analisis data karena berkaitan dengan teknik yang digunakan adalah uji hipotesis dengan menggunakan Independent Sample T-test.
Hasil analisis data menggunakan uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis ICT dengan siswa yang menggunakan metode konvensional. Nilai t-hitung sebesar 4,751 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05), menunjukkan bahwa penggunaan media berbasis ICT memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar IPS. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis ICT pada pembelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Negeri 1 Pasuruan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1602 Criminology > 160201 Causes and Prevention of Crime |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Sis Awalia Balqist |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 09:37 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 09:37 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43773 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |