Nur Dina, Maulidatur Rizqi (2025) Pengaruh Metode Diskusi Buzz Group Berbantuan LKPD Terhadap Motivasi Belajar IPS Di SMP Negeri 2 Ambulu - Jember Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Nur Dina Maulidatur Rizqi.pdf Download (35MB) |
Abstract
Nur Dina Maulidatur Rizqi, 212101090046, 2025: Pengaruh Metode Diskusi Buzz Group Berbantuan LKPD Terhadap Motivasi Belajar IPS Di SMP Negeri 2 Ambulu - Jember Tahun Pelajaran 2024/2025
Kata Kunci: Diskusi Buz Group, Motivasi Belajar, Mata Pelajaran IPS
Berdasarkan latar belakang penelitian yang ditemukan di SMP Negeri 2 Ambulu, terdapat penggunaan metode pembelajaran kurang bervariasi yang digunakan oleh guru IPS. Metode pembelajaran yang sering digunakan adalah metode ceramah yang berpusat pada penyampaian guru dan siswa mendengarkan materi. Hal ini berdampak pada proses belajar mengajar, yang terlihat dari menurunnya disiplin belajar siswa. Siswa merasa bosan dan sulit untuk fokus pada pembelajaran. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa, karena motivasi sangat mempengaruhi proses belajar mengajar. Menggunakan metode pembelajaran diskusi buzz group, yang melibatkan diskusi hidup dengan semua siswa, adalah salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh metode diskusi buzz group berbantuan LKPD terhadap motivasi belajar IPS di SMP Negeri 2 Ambulu - Jember tahun pelajaran 2024-2025. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji ada atau tidak ada pengaruh metode diskusi buzz group berbantuan LKPD terhadap motivasi belajar IPS di SMP Negeri 2 Ambulu - Jember tahun pelajaran 2024-2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian yang dipakai oleh peneliti adalah non-equivalent control group pada desain ini dua kelompok akan diberikan angket sebelum perlakuan dan angket sesudah perlakuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner/angket. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji reabilitas. Setelah itu, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas sebelum di analisis data karena berkaitan dengan teknik yang digunakan adalah uji Independnet Sample T-test.
Hasil Penelitian ini dapat dianalisis dengan menggunakan uji Independent Sampel T-Test yang memperoleh nilai signifikasi (sig.) (2-Tailed) sebesar 0,002, nilai tersebut menunjukkan bahwa nilai sig. (2-Tailed) < 0,05, dengan demikian dapat disimpulakan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Artinya terdapat pengaruh signifikan penggunaan metode diskusi buzz group berbantuan LKPD terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Ambulu Tahun Pelajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | sis Nur Dina Maulidatur Rizqi |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 01:23 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 01:23 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43792 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |