Syari Fudin, Mohammad (2025) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL KELAS X DI SMAS DARUL MUKHLASHIN PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.
![]() |
Text
Revisi Sidang Skripsi2.pdf Download (8MB) |
Abstract
Mohammad Syari Fudin, 2025: Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis
Siswa ditinjau dari Self Confidence Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga
Variabel Kelas X di SMAS Darul Mukhlashin Probolinggo
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Self Confidence
Kemampuan berpikir kreatif matematis merupakan kemampuan untuk
menghasilkan ide baru dan solusi kreatif dalam menyelesaikan masalah
matematika. Setiap siswa memiliki kemampuan berpikir kreatif yang berbeda-
beda, salah satu faktor yang dapat mempengaruhi yaitu self confidence. Self
confidence siswa dibagi menjadi tiga tingkatan, yaitu self confidence tingkat
tinggi, self confidence tingkat sedang, self confidence tingkat rendah. Tujuan
penelitian ini untuk: 1) Mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa
yang memiliki self confidence tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika.
2) Mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memiliki self
confidence sedang dalam menyelesaikan masalah matematika. 3) Mengetahui
kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memiliki self confidence
rendah dalam menyelesaikan masalah matematika.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan
di SMAS Darul Mukhlashin. Pemilihan subjek dalam penelitian ini menggunakan
teknik purposive sampling dan diperoleh enam subjek yang terdiri dari dua subjek
dari tiap tingkatan self confidence (tinggi, sedang, dan rendah). Peneliti
menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket self confidence, tes
kemampuan berpikir kreatif matematis, wawancara dan dokumentasi. Teknik
analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan model Miles dan Huberman
dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Triangulasi yang
digunakan adalah triangulasi teknik dan sumber.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan berpikir
kreatif matematis siswa yang memiliki self confidence tinggi, mampu memenuhi 2
indikator yaitu kelancaran (fluency), dan keterincian (elaboration). 2)
Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memiliki self confidence
sedang, mampu memenuhi 1 indikator kemampuan berpikir kreatif matematis
yaitu, kelancaran (fluency). 3) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang
memiliki self confidence rendah, yang terdapat 2 subjek. Subjek pertama yaitu
SR1 hanya mampu memenuhi 1 indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu,
kelancaran (fluency). Sementara itu, subjek kedua yaitu SR2 tidak mampu
memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kreatif matematis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010102 Algebraic and Differential Geometry 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010199 Pure Mathematics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mr Mohammad Syari Fudin |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 01:42 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 01:42 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43802 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |