Implementasi Pembiasaan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) Terhadap Kepekaan Sosial Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2024/2025

Damayanti, Risqia Putri (2025) Implementasi Pembiasaan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) Terhadap Kepekaan Sosial Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi risqia putri damayanti.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci : Budaya 5S, Kepekaan Sosial, Pembiasaan
Budaya senyum, salam, sapa, sopan, santun atau yang biasa kita kenal sebagai 5S merupakan suatu sikap yang harus diterapkan oleh setiap individu sesama dengan insan yang ada dibumi. Didalam membina hubungan dengan lingkungan sekitar kita, baik itu lingkungan sekolah, lingkungan tempat tinggal maupun tempat-tempat berinteraksi lainnya, sangatlah penting dalam penerapan senyum, salam, sapa, sopan, santun ini. Dengan memberikan senyuman yang tulus kepada orang yang mempunyai hubungan dengan kita, akan membuat hubungan itu terasa lebih akrab dan membawa keceriaan dalam kehidupan, menambah keakraban dengan orang yang ada disekitar kita, serta membangun rasa peka terhadap lingkungan sekitar kita.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) pembiasaan 5S (senyum, salam, sapa, sopan, santun) terhadap siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Jember. 2) faktor pendorong dan penghambat pembiasaan 5S (senyum, salam, sapa, sopan, santun) terhadap siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Jember. 3) dampak dari adanya pembiasaan 5S (senyum, salam, sapa, sopan, santun) terhadap siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Jember setelah adanya penerapan 5S (senyum, salam, sapa, sopan, santun).
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Jember. Dengan subjek penelitian Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru Ips, dan juga beberapa siswa. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif, dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verivikasi data. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, yakni triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling.
Hasil penelitian ini diantaranya: 1) Budaya 5S diterapkan dengan sangat baik sehingga hal ini dapat memperkuat karakter kepekaan sosial pada siswa. 2) Faktor pendukung dari budaya ini tidak terlepas dari sumber daya guru dalam kegiatan belajar mengajar di kelas yang selalu memberikan motivasi, arahan, bimbingan, keteladanan, dalam membiasakan siswa untuk menerapkan budaya 5S. sedangkan Faktor penghambat penerapan budaya 5S diantaranya dipengaruhi oleh pertama faktor eksternal yakni lingkungan siswa bermain, tumbuh dan berkembang. 3) Dampak dari penerapan budaya ini dalam lingkungan sekolah tentu dapat memperkuat karakter sosial pada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160805 Social Change
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: ms Risqia Putri Damayanti
Date Deposited: 25 Jun 2025 02:11
Last Modified: 25 Jun 2025 02:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43810

Actions (login required)

View Item View Item