Kemampuan Literasi Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Skripsi Di Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Tahun Akademik 2024/2025.

Faizah, Nur (2025) Kemampuan Literasi Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Skripsi Di Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Tahun Akademik 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI NUR FAIZAH 211101010026.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Kemampuan Literasi, Literasi Baca Tulis, Literasi Digital, Mahasiswa, Skripsi
Kemampuan literasi menjadi aspek penting dalam dunia pendidikan tinggi, terutama dalam menyelesaikan tugas akhir berupa skripsi. Namun kenyataannya, mahasiswa masih menghadapi berbagai hambatan literasi, baik dalam aspek baca tulis maupun digital. Permasalahan yang ditemukan di lapangan antara lain ketidakmampuan memahami teks ilmiah secara mendalam, rendahnya keterampilan menulis akademik, penggunaan sumber yang tidak kredibel, serta tingginya distraksi dari media sosial. Masalah-masalah tersebut menunjukkan bahwa literasi mahasiswa belum sepenuhnya mendukung penyusunan tugas akhir.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kemampuan literasi baca tulis mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam dalam menyelesaikan skripsi di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Tahun Akademik 2024/2025? (2) Bagaimana kemampuan literasi digital mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam dalam menyelesaikan skripsi di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Tahun Akademik 2024/2025?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan literasi baca tulis dan literasi digital mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam dalam menyelesaikan skripsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari mahasiswa angkatan 2018 hingga 2021, dosen pembimbing, dan koordinator program studi. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, serta angket tertutup berbasis Google Form untuk mendukung dan memperkuat hasil temuan. Data kualitatif dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman, melalui tiga tahapan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sedangkan data angket dianalisis secara deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi mahasiswa belum merata. Sebagian mahasiswa telah mampu menyusun skripsi secara sistematis dan kritis, namun sebagian lainnya masih mengalami kesulitan dalam membaca teks akademik, menulis ilmiah, serta menggunakan teknologi digital secara optimal. Oleh karena itu, diperlukan pembinaan literasi akademik yang lebih intensif untuk meningkatkan kualitas penyusunan skripsi mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Faizah
Date Deposited: 25 Jun 2025 02:26
Last Modified: 25 Jun 2025 02:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43821

Actions (login required)

View Item View Item