Mahmudah, Siti Himamul (2025) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENCEGAH PERNIKAHAN DINI KELAS XII SMA NEGERI AMBULU TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Siti Himamul Mahmudah- 212101010048.pdf Download (2MB) |
Abstract
Siti Dalam Mencegah Pernikahan Dini Kelas XII SMA Negeri Ambulu Tahun Pelajaran 2024/2025.
Kata Kunci : Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Pernikahan dini
Pernikahan dini ialah fenomena yang sering terjadi di masyarakat, yang berdampak pada berbagai aspek kehidupan remaja, baik dari segi kesehatan, pendidikan, maupun masa depan. Kabupaten Jember menempati peringkat tertinggi dalam kasus pernikahan dini di Provinsi Jawa Timur pada tahun 2023. SMA Negeri Ambulu merupakan salah satu sekolah yang terdapat di daerah Jember, di mana terdapat kasus siswi yang menikah di usia muda. Persoalan tersebut tidak lepas dari peran guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam memberikan pengarahan kepada siswa-siswinya.
Fokus penelitian skripsi ini adalah : 1) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sebagai pendidik dalam mencegah pernikahan dini di SMA Negeri Ambulu?, 2) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti motivator dalam mencegah pernikahan dini di SMA Negeri Ambulu?, 3) Apa saja faktor penghambat dan solusi yang dapat diterapkan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam mencegah pernikahan dini di SMA Negeri Ambulu?
Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Untuk mendeskripsikan peran guru pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sebagai pendidik dalam mencegah pernikahan dini di SMA Negeri Ambulu, 2) Untuk mendeskripsikan peran guru pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sebagai motivator dalam mencegah pernikahan dini di SMA Negeri Ambulu, 3) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan solusi guru pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam mencegah pernikahan dini di SMA Negeri Ambulu.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Informan penelitian meliputi guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, dan siswa kelas XII SMA Negeri Ambulu. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi sumber dan data.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa : 1) Peran guru sebagai Himamul Mahmudah, 2025 : Peran Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
pendidik dalam mencegah terjadinya pernikahan dini dengan memberikan pemahaman yang menyeluruh tentang makna dan tanggung jawab dalam pernikahan, membimbing siswa memahami kesiapan mental, emosional dan finansial, 2) Peran guru sebagai motivator dalam mencegah terjadinya pernikahan dini dengan memberikan contoh nyata akan dampak bahaya pernikahan dini untuk mengambil keputusan secara bijak sebelum menikah, 3) faktor penghambat dalam mencegah pernikahan dini dikarenakan pengaruh media sosial, tradisi dan rendahnya pengetahuan orang tua akan dampak negatif pernikahan dini dan solusi yang dilakukan meliputi pendekatan preventif dengan menyelipkan nilai pencegahan pernikahan dini di dalam pembelajaran, aksi sosial di masyarakat dan keterlibatan dalam komunitas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | siti himamul mahmudah |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 03:03 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 03:03 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43833 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |