fadil, Muhammad (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN READING BOX PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II MATERI PUISI DI MADRASAH IBTIDAIYAH FATHUS SALAFI LIMBUNGSARI AJUNG JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Skripsi Muhammad Fadil.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Reading Box, Bahasa Indonesia.
Pembelajaran puisi di MI Fathus Salafi Limbungsari masih menggunakan
metode konfesioanal seperti ceramah, terpaku terhadap buku pembelajaran guru.
Sehingga motivasi peserta didik berkurang, untuk mengatasi permasalahan
tersebut maka dilakukan pengembangan media pembelajaran reading box agar
kegiatan pembelajaran puisi bisa mencapai hasil maksimal.
Peneliti ini merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana desain
media pembelajaran Reading Box materi puisi kelas II di MI Fathus Salafi
Limbungsari Ajung Jember?. (2) Bagaimana validitas media pembelajaran
Reading Box materi puisi kelas II di MI Fathus Salafi Limbungsari Ajung
Jember?
Tujuan peneliti ini yaitu: Untuk mengetahui desain media pembelajaran
Reading Box materi puisi kelas II di MI Fathus Salafi Limbungsari Ajung Jember,
dan Untuk mengetahui validitas media pembelajaran Reading Box pada materi
puisi kelas II MI Fathus Salafi Limbungsari Ajung Jember.
Pengembangan media pembelajaran Reading Box menggunakan metode
research and development (R&D) dengan model ADDIE, model penelitian dan
pengembangan ADDIE yang merupakan suatu model yang didalamnya
menyedikan tahapan-tahapan secara sistematika (tertata) dan sistematis dalam
penggunaan bertujuan untuk tercapainya hasil yang diinginkan. Model
pengembangan ADDIE menggunakan tahapan lima langkah yaitu : 1) Analysis
(analisa), 2) Desaign (Desain/perancangan), 3)Development (pengembangan), 4)
Implementation (Implementasi), 5) Evaluation (Evaluasi). yang mencangkup
Data yang dilakuakn melalui observasi, wawancara, dokumentasi, angket, tes.
Berdasarkan hasil penelitan yang sudah dilakukan oleh peneliti (1)
Diperoleh rata-rata nilai presentase dari dua validator diantaranya validator media
80%, dan validator materi 95% semua berkriteria sangat baik. (2) Hasil nilai
kepraktisan pengembangan media pembelajaran Reading Box ini dengan skor
96% dengan kriteria sangat praktis. (3) Hasil belajar dalam pengembangan media
pembelajaran Reading Box diperoleh dari nilai hasil respon siswa sebasar 98,4%
dan hasil belajar siswa memperoleh rata-rata nilai hasil siswa sebesar 95,5.
Dengan ini apat disimpulkan media pembelajaran Reading Box dinyatakan valid
dan praktis untuk pembelajaran Bahasa Indonesia kelas II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | muhammad fadil |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 03:06 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 03:06 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43834 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |