Mariska, Renita Bella (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTs NEGERI 8 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024 / 2025. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.
![]() |
Text
Skripsi Renita.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Kata Kunci:Pengembangan Media,Articulate Storyline 3,Ilmu Pengetahuan Sosial
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang menarik dan interaktif dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), khususnya di MTs Negeri 8 Jember. Media pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional dan belum mampu mendorong keterlibatan aktif peserta didik secara optimal. Padahal, pemanfaatan media yang inovatif dan berbasis teknologi sangat penting untuk mendukung pencapaian tujuan pembelajaran dan meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengembangan media pembelajaran yang lebih modern dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan efektivitas media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 pada mata pelajaran IPS materi Pemberdayaan Masyarakat melalui Pengelolaan dan Literasi Keuangan.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII di MTs Negeri 8 Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan angket validasi ahli untuk mengukur kelayakan media untuk menilai keefektifan media dengan menggunakan skala Likert dan Guttman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Desain produk media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 3 mencakup tampilan awal (cover), menu utama, pendahuluan, tujuan pembelajaran, materi inti, evaluasi interaktif, umpan balik, sumber belajar, dan penutup; (2) Hasil validasi oleh 3 ahli media dan materi menunjukkan bahwa media pembelajaran ini memperoleh nilai rata-rata sebesar 83%, yang termasuk dalam kategori layak untuk digunakan dalam pembelajaran; dan (3) Hasil uji coba keefektifan terhadap peserta didik menunjukkan rata-rata skor sebesar 63%, yang menunjukkan bahwa media ini Efektif digunakan dalam pembelajaran IPS. Dengan demikian, media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 dinyatakan layak dan Efektif digunakan untuk mendukung pembelajaran IPS di MTs Negeri 8 Jember.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Renita Renita Bella Mariska |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 03:48 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 03:48 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43850 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |