Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Budaya Literasi Peserta Didik di SMP Negeri 11 Jember

Hastuti, Nastiti Sri (2022) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Budaya Literasi Peserta Didik di SMP Negeri 11 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Nastiti Sri Hastuti_T20171394.pdf

Download (3MB)

Abstract

Budaya literasi yang ada tidak serta-merta menjadikan bangsa ini memiliki eksistensi literasi yang membanggakan. Beberapa penelitian mengungkap bahwa budaya literasi bangsa ini masih rendah. Berbagai asumsi berkaitan dengan alasan rendahnya literasi muncul, salah satunya pengaruh media audio-visual. Pengaruh tersebut tentu perlu diatasi melalui cara-cara yang tepat. Budaya membaca dan menulis tentu tidak diharapkan punah dan buku-buku berangsur-angsur hilang. Eksistensi audio-visual menjadi salah satu permasalahan berkaiatan dengan berkurangnya kegiatan membaca menulis berbagai pengalaman hidup atau pun pemikiran dalam bentuk teks. Teks yang dimaksudkan tentu berisi lambang-lambang bahasa yang berarti.

Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana peran guru PAI sebagai teladan dalam meningkatkan budaya literasi peserta didik di SMP Negeri 11 Jember ? 2) Bagaimana peran guru PAI sebagai mediator dan fasilitator dalam meningkatkan budaya literasi peserta didik di SMP Negeri 11 Jember ?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penentuan sumber data atau subjek penelitian dilakukan dengan Purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan observasi non partisipan, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data (data display), serta kesimpulan dan verifikasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) Peran guru PAI sebagai teladan dalam meningkatkan budaya literasi peserta didik di SMP Negeri 11 Jember adalah bahwa dalam program literasi di sekolah, guru seharusnya menjadi teladan bagi siswa, khususnya dalam hal membaca. Jika guru menginginkan siswanya membaca, keteladanan dalam hal membaca harus terus diaurakan. 2) Peran guru PAI sebagai mediator dan fasilitator dalam meningkatkan budaya literasi peserta didik di SMP Negeri 11 Jember adalah a) Menyediakan fasilitas yang memadai b) Menyediakan literatur yang relevan, c) Menciptakan kondisi sosial emosional yang bermanfaat dalam proses pembelajaran. Maka peran guru PAI dalam meningkatkan budaya literasi peserta didik di SMP Negeri 11 Jember belum optimal. Dikarenakan ada beberapa sarana dan prasarana yang belum memadai untuk meningkatkan budaya literasi di SMP Negeri 11 Jember.

Kata Kunci : Peran Guru PAI; Budaya Literasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Nastiti Sri Hastuti
Date Deposited: 11 Feb 2022 03:52
Last Modified: 11 Feb 2022 03:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4387

Actions (login required)

View Item View Item