Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Dengan Media Diorama Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Interaksi Antara Komponen Penyusun Suatu Ekosistem Di Kelas VII MTS Negeri 10 Jember

Uula, Nazila Khiyaratul (2025) Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Dengan Media Diorama Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Interaksi Antara Komponen Penyusun Suatu Ekosistem Di Kelas VII MTS Negeri 10 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nazila Khiyaratul Uula 211101100002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa kelas VII di MTs Negeri 10 Jember, yang mana siswa cenderung menunjukkan sikap pasif dan kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran IPA. Hanya beberapa siswa yang menunjukkan respon yang baik, sementara sebagian besar lainnya mengalami kesulitan dalam memahami materi. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang berpusat pada guru dan kurang melibatkan peran aktif siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu alternatif yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa adalah menerapkan model Project Based Learning (PjBL) dengan media diorama dalam pembelajaran IPA.
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui penerapan model Project Based Learning (PjBL) dengan media diorama pada materi interaksi antara komponen penyusun suatu ekosistem di kelas VII MTs Negeri 10 Jember, 2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model Project Based Learning (PjBL) dengan media diorama terhadap motivasi belajar siswa pada materi interaksi antara komponen penyusun suatu ekosistem di kelas VII MTs Negeri 10 Jember.
Penelitian ini menggunakan jenis Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling, di mana kelas VII C dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol, masing-masing berjumlah 30 siswa dan 20 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi, untuk instrumen pengumpulan data menggunakan angket, dan teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji Independent Sample T-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model Project Based Learning (PjBL) dengan media diorama dilakukan melalui enam tahapan: Pertama, penentuan pertanyaan mendasar. Kedua, mendesain perencanaan proyek. Ketiga, menyusun jadwal. Keempat, memonitor peserta didik dan kemajuan proyek. Kelima, menguji hasil. Keenam, mengevaluasi pengalaman. (2) terdapat pengaruh signifikan penerapan model Project Based Learning (PjBL) dengan media diorama terhadap motivasi belajar siswa, yang dibuktikan dengan hasil uji T-test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga H₀ ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan motivasi belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Kata Kunci: PjBL, Diorama, Motivasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Nazila Khiyaratul Uula
Date Deposited: 25 Jun 2025 06:51
Last Modified: 25 Jun 2025 06:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43914

Actions (login required)

View Item View Item