Puspitasari, Melani (2025) Analisis SWOT Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran IPA Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia Di Kelas VII SMPN 2 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH.ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
![]() |
Text
REVISI-SKRIPSI MELANI - Copy.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (12MB) |
Abstract
Kata Kunci: Analisis SWOT, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran IPA.
Kurikulum Merdeka merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui pembelajaran yang fleksibel, mandiri, dan berpusat pada siswa. SMPN 2 Jember telah menerapkan kurikulum ini dalam pembelajaran IPA, khususnya materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan Kurikulum Merdeka menggunakan pendekatan SWOT guna mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang memengaruhi keberhasilannya.
Fokus penelitian dalam penelitian ini :1) Bagaimana Implementasi Kurikulum merdeka belajar pada proses kegiatan pembelajaran IPA materi Ekologi dan Keanekragaman Hayati Indonesia kelas VII di SMPN 2 Jember? 2) Bagaimana analisis faktor internal dan eksternal Implementasi Kurikulum Merdeka pada proses pembelajaran IPA materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia berdasarkan analisis SWOT kelas VII di SMPN 2 Jember? 3) Bagaimana strategi untuk tindak lanjut penerapan Kurikulum Merdeka pada proses kegiatan pembelajaran IPA Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia menggunakan analisis SWOT Kelas VII di SMPN 2 Jember?
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tujuannya agar dapat menguraikan hasil analisis dengan detail. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah (1) Implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran IPA di kelas VII SMPN 2 Jember berjalan cukup efektif, ditandai dengan perencanaan berbasis capaian pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek yang kontekstual, serta asesmen yang bervariasi, meskipun asesmen formatif belum diterapkan secara konsisten. (2) Analisis SWOT menunjukkan kekuatan pada kesiapan guru dan dukungan teknologi, kelemahan pada penguasaan asesmen formatif dan kemandirian belajar siswa, peluang dari program Sekolah Penggerak dan kolaborasi eksternal, serta ancaman berupa keterbatasan akses teknologi dan perubahan kebijakan. (3) Strategi tindak lanjut meliputi pemanfaatan kekuatan dan peluang untuk inovasi pembelajaran, pelatihan guru untuk mengatasi kelemahan, serta penyederhanaan perangkat ajar dan mentoring sebagai respons terhadap tantangan eksternal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060202 Community Ecology (excl. Invasive Species Ecology) 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060207 Population Ecology 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | ms melani puspitasari |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 07:23 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 07:23 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43933 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |