Media Pembelajaran Digital pada Pembelajaran IPA di SMP: Systematic Literature Review 2020-2024

Deby Yuni Aghrodlu Aisyin, Tsinta (2025) Media Pembelajaran Digital pada Pembelajaran IPA di SMP: Systematic Literature Review 2020-2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
TSINTA DEBY YUNI AGHRODLU AISYIN - T201910007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kata kunci: Media Pembelajaran Digital, Pembelajaran IPA, Sekolah Menengah Pertama, Media Digital
Pada era perkembangan teknologi digital, pendidikan menuntut pembelajaran yang adaptif, inovatif, serta kontekstual, khususnya pada mata pelajaran IPA di jenjang SMP yang memerlukan pemahaman terhadap konsep-konsep yang bersifat abstrak dan proses ilmiah, bukan sekadar menghafal materi. Untuk mendukung hal tersebut, media pembelajaran digital digunakan sebagai sarana alat bantu yang mampu memvisualisasikan konsep abstrak secara lebih menarik dan interaktif. Meskipun banyak penelitian yang membahas penggunaan media digital dalam pembelajaran IPA, namun kajian yang mengulas secara menyeluruh jenis, peran, kelebihan, dan kelemahan media pembelajaran digital di SMP dalam rentang waktu terkini masih terbatas.
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Mengetahui jenis media pembelajaran digital yang paling banyak digunakan dalam pembelajaran IPA di SMP selama tahun 2020-2024. 2) Mendeskripsikan peran masing-masing media pembelajaran digital dalam mendukung proses pembelajaran IPA. 3) Menganalisis kelebihan dan kelemahan dari setiap jenis media pembelajaran digital yang digunakan berdasarkan hasil-hasil penelitian terdahulu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR) dengan merujuk pada pedoman PRISMA. Data diperoleh dari delapan jurnal nasional terakreditasi SINTA 1 dan SINTA 2 yang relevan dengan fokus penelitian. Proses seleksi artikel meliputi identifikasi, penyaringan, evaluasi kelayakan, dan inklusi artikel. Dari total 343 artikel yang ditelusuri, sebanyak 22 artikel terpilih sesuai kriteria inklusi, yakni membahas media pembelajaran digital pada pembelajaran IPA di SMP, yang terbit pada tahun 2020–2024, serta berlokasi di Indonesia.
Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) Jenis media pembelajaran digital yang paling sering digunakan mencakup multimedia interaktif, media berbasis teknologi imersif, media interaktif, media berbasis visual, dan game edukasi. 2) Media tersebut secara umum berperan dalam meningkatkan motivasi belajar, mempermudah visualisasi konsep abstrak, mendorong pembelajaran mandiri, serta memperkuat keterampilan berpikir kritis siswa. Beberapa media juga terbukti meningkatkan hasil belajar secara signifikan. 3) Dari sisi kelebihan, media pembelajaran digital dinilai fleksibel, menarik, dan adaptif terhadap kebutuhan siswa abad ke-21. Meskipun media digital sangat unggul pada pembelajaran saat ini, beberapa kelemahan dari media digital masih tetap ada, seperti keterbatasan akses infrastruktur digital, kesenjangan literasi digital antar siswa dan guru, serta belum meratanya implementasi secara optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190205 Interactive Media
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190299 Film, Television and Digital Media not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Tsinta Deby Yuni Aghrodlu Aisyin
Date Deposited: 25 Jun 2025 08:17
Last Modified: 25 Jun 2025 08:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43969

Actions (login required)

View Item View Item