Sari, Leni Devita (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA SUB-MATERI ATOM KELAS IX SMP NEGERI 3 JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
![]() |
Text
SKRIPSI LENI DEVITA SARI_212101100018.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) |
Abstract
Kata Kunci: Augmented Reality, Media Pembelajaran, Hasil Belajar, Atom
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mendorong inovasi dalam pembelajaran, salah satunya melalui pemanfaatan Augmented Reality. Dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), terutama pada materi atom, siswa sering mengalami kesulitan karena konsepnya bersifat abstrak, tidak dapat diamati langsung, dan memerlukan daya imajinasi spasial yang tinggi. Berdasarkan hasil angket masalah belajar, 63,6% siswa merasa kesulitan memahami materi, sedangkan 87,9% peserta didik membutuhkan media pembelajaran yang interaktif dan berbasis teknologi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana validitas media pembelajaran berbasis Augmented Reality pada materi struktur atom? (2) Bagaimana respons siswa terhadap media pembelajaran tersebut? (3) Bagaimana keefektifan media pembelajaran tersebut dalam pembelajaran? Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan validitas media pembelajaran berbasis Augmented Reality, (2) Mengetahui respons siswa terhadap media yang dikembangkan, dan (3) Mengetahui keefektifan media dalam pembelajaran.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE, yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data berupa angket validasi ahli, angket respons siswa dan uji efektivitas pretest dan posttest
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media pembelajaran berbasis Augmented Reality dinyatakan sangat layak berdasarkan hasil validasi dari ahli materi dengan persentase 93,8%, dari ahli media sebesar 86,6%, dan dari pendidik IPA sebesar 93,9%. (2) Uji respons peserta didik terhadap media ini menunjukkan bahwa pada uji skala kecil diperoleh persentase sebesar 92% sedangkan uji skala besar sebesar 85,1% yang dikategorikan sebagai sangat menarik (3) Uji keefektifan melalui perbandingan nilai pretest dan posttest menggunakan rumus N-Gain menunjukkan skor sebesar 0,71 yang termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Augmented Reality efektif digunakan dalam mendukung proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 03 CHEMICAL SCIENCES > 0306 Physical Chemistry (incl. Structural) > 030606 Structural Chemistry and Spectroscopy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Ms Leni Devita Sari |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 08:30 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 08:30 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/43992 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |